Tak Perlu Latihan Mahal, Cukup Bernyanyi Bisa Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2016 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 03 481 1558208 tak-perlu-latihan-mahal-cukup-bernyanyi-bisa-meningkatkan-kesehatan-paru-paru-LUxBn8eRrT.jpg Bernyanyi bisa meningkatkan kesehatan paru-paru (Foto: Midday)

 

SETIAP kali mendengar lagu favorit, pasti otomatis Anda juga ikut menyanyi. Selain menggembirakan, ternyata menyanyi punya andil baik untuk kesehatan paru-paru.

Dr Nicholas Hopkinson memimpin penelitian lebih dari 400 orang, soal dampak menyanyi dan pengaruhnya terhadap sistem pernapasan.

"Pasien secara konsisten melaporkan, bernyanyi dan bernapas mampu mengatasi kondisi paru-paru lebih baik. Penelitian ini menunjukkan, bernyanyi secara teratur dapat meningkatkan kualitas hidup terkait kesehatan," ungkap dr Nicholas.

The British Lung Foundation mengadakan program 'bernyanyi untuk kesehatan'. Setiap anggota menyampaikan, bernyanyi dapat menunjang sistem pernapasan dan relaksasi perut. Inilah yang meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk bergabung di paduan suara.

Menyanyi dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Termasuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan paru-paru dalam jangka panjang, termasuk:

Penguatan otot pernapasan

Mengurangi sesak napas

meningkatkan kontrol pernapasan

Peningkatan kapasitas paru-paru

Mendorong respon tubuh terhadap infeksi

The British Lung Foundation merekomendasikan, saat bernyanyi ada baiknya kita bernapas dalam-dalam dan mengontrol saat membuang napas. Lagu dapat mendorng Anda untuk bernapas sepenuhnya dengan hirupan cepat. Cara ini bisa mendorng Anda untuk bernapas lebih efisien.

Jadi, bila Anda sungguh-sungguh bernyanyi, Anda akan merasakan manfaat kesehatan paru-paru juga. Demikian dikutip dari laman Netdoctor, Sabtu (3/12/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini