nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 05 Desember 2016 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 05 481 1559352 terlalu-banyak-minum-air-putih-bisa-terserang-hiponatremia-PnfK3yNs9n.jpg Ilustrasi (Foto: Indiantribune)

BANYAK manfaat yang bisa didapat jika banyak minum air putih setiap hari. Tapi jika jumlahnya terbilang berlebihan, hati-hati bisa terkena hiponatremia.

Gangguan ini terjadi karena terlalu banyak minum air putih yang melebihi kemampuan ginjal. Dalam kondisi ini, ginjal tidak mampu memfilter air yang seharusnya dicerna.

Dampak dari gangguan pun bisa terjadi karena kadar natrium dalam darah menurun drastis, yakni di bawah 110 mEq/l. Hal tersebut membuat penderitanya mengalami pembengkakan sel.

Gejala awal seseorang terkena hiponatremia adalah merasakan mual, muntah, lesu, sakit kepala dan kebingungan. Dalam kondisi paling parah, penderita bisa kejang, kritis, koma bahkan menyebabkan kematian.

Karena itu sebaiknya jangan telan mentah-mentah anjuran dokter jika disarankan minum air putih yang banyak. Kata-kata “banyak” tersebut jangan diasumsikan bahwa harus minum air putih setiap saat.

Sebaiknya konsumsi air putih delapan gelas sehari atau dua liter air untuk mencukupi kebutuhan cairan. Kemudian minum air secukupnya dan sewajarnya. Tidak terlalu sedikit, tidak berlebihan serta seimbangkan dengan aktivitas tubuh. Dikutip dari laman Emedicinehealth.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini