Canggih, Sendok Antiguncang untuk Penderita Parkinson

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 298 1560092 canggih-sendok-antiguncang-untuk-penderita-parkinson-6FWs05Ii6B.jpg Sendok anti tumpah (Foto: Foodbeast)

 

TEKNOLOGI canggih tidak hanya sekadar ponsel pintar, jam tangan pintar atau mobil pintar. Bahkan dalam bidang kuliner, teknologi canggih pun bisa diterapkan. Misalnya saja sendok antiguncang yang satu ini.

Anak-anak, orang tua atau penderita penyakit parkinson tampaknya beberapa kategori orang yang mengalami kesulitan untuk menyantap makanannya sendiri. Ketidakstabilan gerakan tangan membuat banyak makanan tumpah sebelum sampai ke rongga mulut, belum lagi ceceran noda yang mengotori pakaian dan area sekitar tempat makan.

Tapi sebuah penemuan baru menciptakan sendok yang canggih dengan sistem kerja komputerisasi yang memungkinkan orang makan dengan santai meskipun penuh guncangan dari tangan. Liftware Level adalah produk berupa sendok dan garpu yang dirancang anti-guncang.

Alat ini dirancang untuk melawan efek getaran tangan dan gerakan lain yang memungkinkan untuk menumpahkan makanan. Bagian sekop sendok tidak akan berguncang meskipun yang menggenggam memiliki gerakan cukup kuat. Ujung sendok ini tetap pada posisi tegak dengan makanan yang terjaga di atasnya.

Sendok canggih ini mulai dilempar ke pasaran pada 1 Desember 2016 dan dibanderol dengan harga USD195 atau sekira Rp2,6 juta. Namun sebuah yayasan Huntington Disease Society of America menyumbangkan 1.000 sendok canggih ini untuk orang-orang yang membutuhkan, demikian dikabarkan FoodBeast, Rabu (7/12/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini