Intip Bagaimana Mengolah Makanan yang Disajikan di Pesawat

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 298 1560118 intip-bagaimana-mengolah-makanan-yang-disajikan-di-pesawat-Yf6TCPPJcG.jpg Makanan dalam pesawat (Foto: Dailymeal)

 

MELAKUKAN perjalanan panjang menggunakan moda transportasi udara tentu bukan hanya membuat bosan, tetapi juga membuat lapar. Pernah membayangkan bagaimana makanan yang disajikan dalam pesawat diolah?

Dilansir dari FoodBeast, Rabu (7/12/2016) terlihat jelas dalam video berdurasi lima menit yang memperlihatkan cara mengolah makanan. Makanan ini bukanlah makanan biasa karena ini adalah menu yang akan disajikan kepada para penumpang pesawat di ketinggian ribuan kaki di atas permukaan laut.

Sebagai penumpang tentu Anda akan langsung menyantap makanan yang disodorkan pramugari, tapi dibalik menu yang tersaji di piring Anda ada sederet proses panjang saat memasaknya. Makanan yang disajikan di atas pesawat berbeda dengan makanan yang disajikan di restoran atau di rumah. Pasalnya banyak hal yang berubah pada makanan ketika ada di ketinggian, salah satunya faktor rasa.

 

Tekanan dan ketinggian membuat rasa makanan terasa lebih hambar, oleh karenanya para koki di dapur maskapai mengolah makanan dengan ekstra bumbu. Namun hal ini juga disesuaikan dengan jarak penerbangan. Saat sudah matang, semua makanan dipak dalam kemasan khusus dan dimasukkan dalam rak mesin yang nantinya di dalam pesawat juga bisa difungsikan sebagai alat pemanas.

Demikian juga makanan bagi pilot dan co-pilot, semua disiapkan sedemikian rupa agar tidak ada gangguan fisik dari juru kemudi pesawat ini. Video berikut memperlihatkan proses pengolahan makanan sebelum disajikan ke para penumpang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini