3 Cara Praktis & Terbaik Mengolah Udang di Rumah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 298 1560193 3-cara-praktis-terbaik-mengolah-udang-di-rumah-qt0SPaywNY.jpg Cara praktis mengolah udang (Foto: Google)

BAGI para pecinta seafood, pastinya sudah terbiasa menyantap udang dengan berbagai jenis olahan yang khas. Di samping rasanya yang gurih dan lezat, makanan laut ini juga kaya akan protein, kalsium dan asupan gizi lainnya.

Jika Anda ingin memasak sendiri hidangan lezat ini, yuk simak 3 proses pengolahan udang yang dapat Anda praktekan di dapur rumah, sebagaimana dilansir dari Mashed, Selasa (6/12/2016).

Rebus

Mengolah udang dengan merebusnya merupakan salah satu cara yang praktis dan juga menyehatkan. Namun perlu diketahui, Anda tidak perlu merebusnya dengan menggunakan air mendidih. Menurut Serious Eats, cara terbaik untuk merebus udang adalah dengan mencampurkannya dengan air dingin, lalu panaskan udang bersama-sama. Gunakanlah termometer makanan untuk mengetahui suhu air agar tekstur udang Anda sempurna. Suhu yang tepat untuk merebus udang adalah 77 derajat Celcius. Setelah mengeras, segera bilas udang dengan air dingin, lalu sajikan sesuai selera.

Goreng

Anda juga bisa mengolah udang dengan cara menggorengnya. Kupaslah kulitnya dengan sempurna, lalu baluti bagian tubuhnya dengan bumbu penyedap rasa seperti garam, merica dan bawang putih. Setelah itu, Anda dapat menggorengnya ke dalam wajan panas dengan menggunakan minyak zaitun. Jangan palingkan perhatian Anda sedikit pun, karena udang akan matang dalam waktu beberapa menit saja.

Panggang

Selain dua cara di atas, udang juga bisa diolah dengan cara memanggangnya. Jika Anda menggunakan cara ini, pilihlah udang berukuran besar untuk memudahkan Anda saat melakukan proses pemanggangan. Bumbuilah udang dengan garam, merica, bawang putih, dan bumbu pelengkap lainnya sebelum mulai memanggang. Perhatikan udang Anda secara seksama sembari membalikkan secara teratur. Udang yang telah matang memiliki warna merah muda dan bagian dagingnya tampak seperti warna susu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini