Catat, Bekal Harus Dibuat dari Bahan yang Segar

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 298 1560262 catat-bekal-harus-dibuat-dari-bahan-yang-segar-4Jp8zWtbtW.jpg Bekal harus dibikin dari bahan yang segar (Foto: Emed)

MEMBAWA bekal makanan dari rumah memang jadi pilihan yang tepat, selain makanan lebih terjaga kualitasnya, rasa dan kebersihannya juga terjamin. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika hendak mengolah makanan menjadi bekal makanan.

Dikatakan Andreas Djingga, Direktur Katering Online Bekalku saat ditemui di Jakarta, ketika mebgolah bekal makanan, bahan baku yang digunakan haruslah segar agar kualitas makanan masih tetap bagus hingg saat waktunya disantap.

“Yang pertama harus diperhatikan adalah kesegaran bahan baik itu jenis daging ataupun sayuran dan buah,” kata Andreas.

Pria ramah ini juga mengatakan bahan baku yang segar akan menentukan kualitas rasa makanan. Bekal makanan mendapat perlakuan yang berbeda dengan makanan yang disantap dirumah, meski pengolahannya sama tetapi cara penyimpanannya berbeda maka hal ini akan menentukan hasil yang berbeda juga pada makanan.

“Bekal makanan kan saat sudah matang langsung disimpan dalam wadah kedap udara, tidak ada sirkulasi udara sampai makanan dibuka dan siap disantap. Selama dalam keadaan tertutup itu bisa jadi kualitas makanan berkurang terutama untuk makanan yang riskan basi,” beber Andreas.

Dengan menggunakan bahan segar maka kualitasnya lebih terjamin karena bahan segar lebih kuat dari gangguan bakteri karena belum banyak terkontaminasi.

“Beli bahannya malam maka harus diolah pagi, usahakan enggak diolah setelah disimpan berhari-hari,” pungkas Andreas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini