nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecil-Kecil "Cabe Rawit" Gunung Berapi Batu Tara

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 06 406 1560296 kecil-kecil-cabe-rawit-gunung-berapi-batu-tara-SYdhU3uvT8.jpg Gunung Berapi Batu Tara (foto: Gian Schachenmann)

LEMPENG Australis yang membentang di sebagian besar wilayah selatan Indonesia menghasilkan banyak gunung-gunung aktif dari ujung ke ujung Indonesia. Salah satunya adalah Gunung Batu Tara yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur.

Gunung di sebelah utara Pulau Lembata ini berada di atas pulau tak berpenduduk Pulau Komba, NTT. Seperti dikutip dari @gunungindonesia, Rabu (7/12/2016), gunung yang memiliki tinggi 748 meter ini meletus setiap 20 menit sekali dengan lava yang langsung mengarah ke laut.

Anda tidak akan menyepelekan gunung yang diibaratkan kecil-kecil cabe rawit itu, ketika memuntahkan isi perutnya. Aliran piroklastik atau hasil letusan gunung berisi gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan dengan kecepatan 700 km/jam menuruni gunung dan tidak mati ditelan laut.

Kendati keberadaannya berstatus sebagai gunung api aktif dan hanya bisa dijangkau dengan kendaraan laut, namun Batutara menyimpan pesona alam yang menarik.

“Potensi wisata maritim di sekitar wilayah gunung api ini seperti diving dan wisata adrenalin dengan menyaksikan letusan Batutara secara lebih dekat, tentunya dengan prosedur safety yang berlaku, guys,“ tulis @gunungindonesia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini