nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi: Sengatan Lebah Bisa Membunuh Virus HIV

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 09:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 06 481 1559708 studi-sengatan-lebah-bisa-membunuh-virus-hiv-FWyUSlyv3e.jpg Ilustrasi (Foto: Lasvegastribune)

RACUN lebah yang jika tersengat bisa membuat kulit bengkak ternyata punya banyak manfaat dari segi medis. Yang terbaru, racun dari sengatan lebah bisa membunuh virus HIV. Apa benar?

Para peneliti dari Washington University School of Medicine di St Louis telah menyimpulkan bahwa racun yang ditemukan pada racun lebah dapat membunuh virus human immunodeficiency (HIV) meski dapat meninggalkan jejak luka pada kulit.

Toksin pada racun lebah yang disebut melittin ini sanggup menembus perlindungan virus HIV dan melawan virus tersebut dari dalam.

"Melittin pada nanopartikel mampu membentuk sedikit pori kompleks dan menyerang virus serta dapat memecahnya dan menonaktifkan virus," jelas Joshua L. Hood, MD, Ph. D," instruktur peneliti.

Para peneliti mengungkap juga bahwa metode ini dapat bekerja pada obat yang sudah resisten dengan virus. Mereka juga meyakini, racun lebah dapat dimodifikasi untuk jadi gel yang digunakan Miss V untuk mencegah penyebaran HIV.

Melalui penelitian mereka, tim menyarankan untuk merancang nanopartikel yang lebih kecil dari virus sehingga jika disuntikkan melalui intravena untuk membersihkan HIV dari pasien yang terinfeksi.

"Partikel dasar yang kami gunakan dalam percobaan ini telah dikembangkan bertahun-tahun. Sudah dinilai amat dan bisa beradaptasi untuk melawan jenis infeksi," tukasnya.

Dikutip Dailyhealthpost, Selasa (6/12/2016). Obat ini lebih efektif digunakan pada bayi yang terinfeksi HIV, ibu hamil dan mencegah infeksi lanjutan pada pengidap HIV pada pasangan suami istri yang hendak memiliki anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini