nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Bibit Perancang Muda dengan Skill Internasional, JFW Gandeng Pelaku Industri Fashion Korea

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 07 194 1560902 siapkan-bibit-perancang-muda-dengan-skill-internasional-jfw-gandeng-pelaku-industri-fashion-korea-v4oB45RgSt.jpg K-Fashion yang sedang menjadi sorotan (foto: soompi)

MENGHIDUPKAN dan memajukan industri fashion Tanah Air memang bukan pekerjaan yang mudah.

Di mana dalam rangka untuk terus bisa membuat dunia fashion Indonesia bergeliat, adalah salah satunya dengan Indonesia memiliki desainer-desainer muda yang tidak hanya andal namun juga siap menyerap segala perkembangan zaman dan tren fashion global yang terjadi di dunia.

Sehubungan dengan ini, maka adanya jalinan kemitraan yang sinergis dan strategis antara pelaku dunia industri fashion dengan pemerintah maupun berbagai organisasi dan institusi nasional dan internasional, terutama di Asia Pasifik, jadi faktor yang penting. Kemitraan tersebut harus bisa diwujudkan dengan banyaknya program dan kegiatan yang digulirkan untuk meningkatkan kapasitas para desainer maupun pelaku industri fashion Indonesia, sehingga siap membawa diri ke pentas dunia internasional.

Jakarta Fashion Week (JFW) sebagai salah satu platform fashion terbesar Tanah Air, kali ini kembali berupaya untuk mewujudkan hal tersebut. Setelah sebelumnya sudah berkolaborasi dengan berbagai organisasi dan pusat kebudayaan internasional, seperti British Council, Council of Fashion Designers of Korea, Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center, dan Amazon Tokyo Fashion Week pada gelaran Jakarta Fashion Week 2017 Oktober lalu. Kali ini JFW membidik kerjasama dengan Korea Selatan lewat kemitraan terbaru dengan Korea Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE), dalam program Young Creator Indonesia Fashion Institute (YCIFI).

Dalam program YCIFI yang mendapat dukungan dari Grand Korea Leisure (GKL) Foundation, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Institut Teknologi Bandung (ITB) Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan ini YCIFI memberikan mentoring kepada 40 mahasiswa hasil kurasi. Di mana keempat puluh mahasiswa ini dilatih menjadi fashion designer, fashion blogger serta fashion stylist yang nantinya dipersiapkan untuk tampil di perhelatan Jakarta Fashion Week 2018.

“Lewat YCIFI, Jakarta Fashion Week ingin membuka mata para mahasiswa yang memiliki minat besar terhadap fashion bahwa ada banyak profesi yang terlibat di industri fashion, dan bisa menjadi profesi mereka juga di masa depan. Selain fashion designer dan fashion stylist ada juga loh fashion blogger yang saat ini memiliki peran penting dalam mendukung strategi marketing brand maupun label fashion, karena kemampuannya menjangkau audiens dalam waktu cepat dan jumlah yang semakin luas. Sebaliknya, sebagai fashion designer pun, mereka nantinya harus siap berkolaborasi dengan para blogger secara kreatif sehingga dapat membantu mereka dalam mengembangkan dan memasarkan produk,” kata Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week dalam acara media gathering, di kawasan Jakarta Pusat.


Lenni juga menyebutkan, setelah selama 5 hari mulai dari tanggal 1 Desember 2016 dengan lokasi berpusat di ITB. Para mahasiswa tersebut mendapatkan berbagai ilmu seputar dunia mode dan industri kreatif dari tenaga ahli Korea Selatan dan Indonesia, seperti fashion designer, pengajar di fakultas seni rupa dan desain, serta sekolah mode, creative/fashion director, fashion retail, maupun editor media fashion dan lifestyle. Ditambah pula dengan serangkaian sesi pelatihan lanjutan juga telah dipersiapkan oleh Jakarta Fashion Week dan Feminagroup di awal hingga pertengahan tahun 2017 mendatang.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini