nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak, Begini Cara Terbaik Melelehkan Cokelat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 20:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 07 298 1561322 simak-begini-cara-terbaik-melelehkan-cokelat-XV2bzpaIMM.jpg Cara melelehkan cokelat (Foto:Alibaba)

MENGOLAH cokelat ternyata bukanlah kegiatan yang mudah. Jika tidak hati-hati, hasilnya akan jauh dari harapan Anda.

Menurut Nanang Priatna, selaku Senior Instruktur Chocolate School, kesalahan umum yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah melelehkan cokelat secara langsung di atas api atau di dalam oven.

"Cokelat itu bahan makanan yang sensitif, melelehkan cokelat secara langsung justru akan membuat tekstur dan rasa cokelat menjadi gosong," tutur Nanang kepada Okezone, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2016).

Lebih lanjut Nanang menambahkan, cara terbaik untuk melelehkan cokelat itu dengan meletakkannya di atas bowl yang telah dialasi wajan air. Kemudian masak menggunakan api sedang selama 5 - 10 menit.

Cara ini dinilai ampuh agar tekstur adonan tetap lembut, sehingga mudah untuk dibentuk.

"Yang harus diperhatikan itu jangan sampai air rebusannya mendidih. Ketika air mendidih, uap airnya juga bisa mengontaminasi adonan cokelat. Ini bisa menjadi kesalahan fatal karena cokelat pada dasarnya 'musuh' terbesar air," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini