nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Nasib Gembok di Jembatan Cinta Paris yang Dibuang

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2016 10:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 07 406 1561318 ini-nasib-gembok-di-jembatan-cinta-paris-yang-dibuang-A26jj9SDtG.jpg Gembok Cinta di Paris (foto: Getty Images/Jan Tepass)

SEJAK tahun 2008, jembatan penyeberangan Pont des Arts dibanjiri dengan gembok-gembok yang diukir dengan nama-nama pasangan yang percaya bahwa cinta mereka akan abadi setelah kunci gembok dibuang ke Sungai Seine.

Kemudian, mengingat jembatan tidak lagi aman karena terlalu terbebani 65 ton gembok, jembatan kemudian dilepas pada tahun 2015. Namun, pemerintah setempat tidak lantas membuang semua gembok tersebut dan menyimpannya.

Kepala lingkungan kota setempat, Bruno Juilliard, mengumumkan pada konferensi pers bahwa gembok-gembok tersebut akan dijual tahun depat dan hasilnya akan digunakan untuk mendukung pengungsi dari Timur Tengah.

Dilansir dari Lonelyplanet, Kamis (8/12/2016), ia mengatakan bahwa penjualan gembok-gembok tersebut bisa naik hingga 100.000 euro atau sekira Rp1,4 miliar. Setiap gembok yang tersisa dan tidak terjual akan dilelehkan dan didaur ulang.

"Anggota masyarakat dapat membeli lima atau sepuluh kunci dengan harga yang terjangkau," katanya pada konferensi pers. Semua hasil penjualan akan diberikan kepada mereka yang bekerja di komunitas pendukung dan solidaritas pengungsi di Paris.

Sekadar informasi, budaya gembok tersebut dimaksudkan untuk melambangkan cinta abadi dengan tradisi perjodohan Serbia pada awal abad ke-20. Budaya ini tidak hanya ditemukan di Paris, tapi juga di berbagai kota di negara lain, seperti Brooklyn, Melbourne, dan Moskow Vodootvodny Canal.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini