nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Selebriti Dunia yang Berjuang Melawan Gangguan Mental

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 16:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 07 481 1560952 6-selebriti-dunia-yang-berjuang-melawan-gangguan-mental-hEIBfavYXH.jpg Selena Gomez mengidap penyakit lupus (Foto: Dailymail)

KECEMASAN, masalah umum yang kerap dialami para selebriti ternama. Kecemasan berlebihan ini dikaitkan pula pada masalah kesehatan.

Menurut penelitian R'Mind, 28 persen dari masyarakat mengenal seseorang dengan masalah kesehatan mental. Mereka mulai mengenali tanda-tandanya baiik membaca atau mendengar langsung dari pengalaman kesehatan mental para selebriti.

"Seperempat dari mereka mengatakan, mendengar pembicaraan selebriti yang terbuka di muka publik soal kesehatan mental, mengilhami diri mereka untuk mencari bantuan. Bahkan, setengah dari mereka (52 persen) merasa tidak sendirian," ungkap Rachel Mackenzie, selebriti dan manager ambassador.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut deretan selebriti yang mengidap masalah kesehatan mental. dilansir dari Dailymail, Rabu (7/12/2016).

Selena Gomez

Merasa sangat rapuh setelah didiagnosis mengidap lupus, Gomez sempat mengunci diri beberapa waktu untuk menyamankan dirinya. Ia membuka diri pada tahun 2016 dan menunjukkan sebagai seorang yang kuat.

Bukan perkara mudah baginya, terutama saat menjalani proses kemoterapi. Perubahan fisik termasuk rambut rontok, ruam kulit, kelelahan ekstra telah dilaluinya.

James Arthur

Menderita kecemasan selama bertahun-tahun dan akhirnya memenangkan X-Factor 2012. Sebelumnya, ia mengaku seperti tidak bisa mengontrol diri, bahkan menghisap ganja, minum obat-obatan, dan membuat kekacauan di sosial media.

Ia bahkan menelepon ambulans untuk "keseratus kalinya" akibat serangan cemas itu. Rasa stres dan depresi itu dituangkan James lewat lagunya. Lagu yang emosional itu jadi saluran untuk James mengekspresikan rasa emosionalnya. Hingga kini James menjadi duta aksi kesehatan mental SANE.

Will Young

Will begitu vokal membicarakan masalah kesehatan. Ia merasa menderita dan ditinggalkan saat bersekolah di asrama. Akhirnya dokter mendiagnosis Will yang mengalami PTSD atau post traumatic stress disorder. Ia memilih untuk tidak menguraikan permasalahan pribadinya di muka umum.

Adele

Menderita depresi pasca kelahiran putranya, kala itu Adele merasa terpuruk dan belum layak menjadi ibu. Tak hanya itu, Adele memiliki masalah panic attack sebelum naik ke atas panggung.

Ketegangan itu membuatnya demam panggung dan menyebabkannya muntah. Namun, ia berhasil menaklukan ketakutannya di hadapan 150.000 orang di Glastonbury beberapa waktu lalu.

Zayn Malik

Banyak penggemar yang kecewa ketika Zayn membatalkan pertunjukkan. Mereka pun kecewa saat Zayn memutuskan tidak unjuk gigi pada Capital Summertime Ball bulan Juni, 90 menit sebelum acara di mulai.

Tak lama setelah itu, Zayn muncul dengan otobiografi terbarunya. Zayn menjelaskan, ia menderita gangguan makan dan kecemasan. Membukan diri soal kondisi ini, Zayn berharap masyarakat bisa paham akan kesehatan mental. Terutama jika mereka mengenal orang terdekat mengalami maslah ini.

Rizzle Kicks

Duo musisi hip hop yang satu ini mengaku memiliki masalah kecemasan. Ia terkadang merasa amat cemas jelang manggung, terutama saat show live di LA.

Rizzle Kicks mengalami Generalised Anxiety Disorder (GAD). Kondisi ini menyebabkan rasa cemas dalam berbagai situasi dan masalah. Hingga kini Rizzle Kicks masih berjuang mengatasi gangguan kesehatan mental yang dialaminya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini