nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Lace, Batik, dan Tenun Beradu di Atas Panggung

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2016 06:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 09 194 1562574 ketika-lace-batik-dan-tenun-beradu-di-atas-panggung-abutut2wdH.jpg Rinda Salmun koleksi (Foto: Amanda/Okezone)

I Fashion Week 2016 kali ini mengusung "The Color of Indonesia" menghadirkan nuansa nusantara. Balutan busana modern dan etnik lokal ditampilkan dalam pertunjukkan busana kai ini.

Misalnya saja Rinda Salmun yang memadukan potongan modern dan tenun Garut. Ia juga bermain dengan permainan warna black & white, merah marun, hitam, dan pastel

"Busana yang ditampilkan mulai sari daily wear dan evening wear. Aku juga selalu bermain dengan blocking color," ungkap Rinda kepada Okezone, disela-sela acara I Fashion Festival 2016, di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Desember 2016.

Sementara desainer kawakan Ghea Panggabean memukau dengan permainan batik. Mulai dari potongan A line dress hitam dengan sentuhan gold.

Keselarasan harmoni Jawa busana Ghea, bergelora di panggung I Fashion Festival. Gaun malam itu mengesankan keanggunan wanita Jawa di tengah era modern ini.

Begitu pula dengan busana karya desainer Ali Charisma yang sukses menutup pagelaran fashion yang diselenggarakan oleh MNC Channel dan MNC Fashion itu. Mengangkat lace dress, Ali tak takut memainkan detail warna vibrant dan juga kain etnik nusantara.

Gaun persembahannya bertemakan resort wear, mengalun indah di atas panggung dengan aksesori fringe yang menjuntai pada punggung peraga.

"Kali ini resort wear, warna soft, off white, banyak katun lace. Saya juga memberi detail vibrant dengan warna merah, biru, hijau," kata Ali.

Tak hanya ketiga perancang busana itu saja yang bergabung, adapun Deden Siswanto, Barli Asmara, Opi Bachtiar, dan Danjyo Hiyoji meramaikan perhelatan I Fashion Festival.

Meski arus fesyen bergulir di arus urban ini, bukan berarti identitas Indonesia terlupakan. Fesyen dengan sentuhan khas tradisional Indonesia akan terus berkembang di era yang mendatang. Inilah salah satu cerminan yang disuguhkan para desainer di I Fashion Festival 2016.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini