nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Labuan Bajo Kini Jadi Destinasi Terfavorit di Indonesia

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2016 13:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 09 406 1562885 labuan-bajo-kini-jadi-destinasi-terfavorit-di-indonesia-sMaHYTW86u.JPG Menikmati Sunset di Labuan Bajo (foto: Utami/Okezone)

LABUAN Bajo yang kini mulai digandrungi traveller baik lokal maupun mancanegara bukan tanpa alasan. Daerah di sebelah timur Pulau Komodo ini terbukti menjadi destinasi wisata favorit dunia.

Karena prestasinya di antara 10 destinasi prioritas kepariwisataan Indonesia, Labuan Bajo pun mendapat anugerah khusus dari Kementerian Pariwisata yaitu Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia.

Sejumlah indikator dalam menetapkan indeks daya saing untuk penghargaan tersebut, di antaranya sumber daya alam dan sumber daya budaya, policy support (prioritas pariwisata, keterbukaan regional, daya saing harga, environment sustainability), tourism enabler (lingkungan bisnis, keamanan, kesehatan dan kebersihan, SDM dan tenaga kerja, kesiapan teknologi informasi), dan infrastruktur.

Berdasarkan indikator tersebut, pihak panitia dan juri melakukan survei dan penilaian sejak Juli hingga Desember 2016. Acara penganugerahan kemudian dilakukan Kamis 8 Desember, di Jakarta bersamaan dengan pemberian penghargaan untuk beberapa kategori lainnya.

“Melalui pemberian penghargaan, kompetisi akan terlihat di daerah atau provinsi yang sudah memberikan upaya dan perhatian tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan dan daerah yang belum maksimal mengembangkan pariwisata sehingga daya saingnya belum kompetitif,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Labuan Bajo oleh beberapa survei internasional juga dikaui sebagai destinasi favorit karena memiliki situs snorkeling terbaik kedua di dunia. Daerah yang memiliki Pantai Peda, Batu Cermin, Pulau Rinca, Pulau Komodo ini juga disukai karena keramahan masyarakatnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini