Cara Jitu Menjaga Kesehatan Mental

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 10 Desember 2016 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 10 481 1563836 cara-jitu-menjaga-kesehatan-mental-n2rGr45eup.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

KONSEP hidup sehat tak cukup hanya dengan menjaga kebugaran fisik. Untuk menjaga kesehatan mental juga penting diterapkan, karena semua itu berpengaruh pada tingkat emosional dan psikologis.

Berikut empat cara jitu untuk menjaga kesehatan mental yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip Lifehack, Sabtu (10/12/2016).

Fokus pada perencanaan jangka pendek

Menuliskan sederet tujuan dan impian dalam jangka panjang penting untuk memotivasi diri. Namun karena jangka waktu yang masih lama dan pasti selalu ada perubahan, maka lebih baik fokus pada rencana jangka pendek dulu.

Pikirkan cara untuk mencapai tujuan Anda mulai dari hari esok. Hal tersebut akan membuat Anda lebih fokus dan lebih memotivasi diri untuk meraih tujuan Anda.

Merenung

Sesekali jangan hanya mengejar mimpi. Renungkan segala sesuatu yang masih dianggap kurang untuk diperbaiki esok hari. Renungkan dan pikirkan langkah serta strategi jitu lain dalam meraih impian.

Dengan begitu, inspirasi dan semangat akan datang kembali untuk memberi energi positif.

Beri penghargaan

Hargai apa pun yang sudah tercapai. Tak harus dengan sesuatu yang mahal, paling tidak menikmati makanan favorit, manjakan diri di salon, hang out dengan teman-teman atau membeli barang yang Anda suka untuk memacu semangat lagi.

Nikmati prosesnya

Usahakan untuk tidak terlalu serius dan menggebu-gebu dalam mengejar mimpi. Nikmati saja prosesnya agar tidak menimbulkan benih-benih stres disaat Anda kesulitan menghadapi masalah.

Anggap hal itu sebuah tantangan yang bukan untuk dihindari, melainkan dihadapi dengan bijak. Ambil sisi positif jika mengalami hambatan dan jangan mudah terlena jika dapat pujian. Jadikan semua itu motivasi hidup untuk melangkah maju.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini