nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hewan Peliharaan Bantu Ringankan Penyakit Mental

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 12 Desember 2016 11:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 12 481 1564601 hewan-peliharaan-bantu-ringankan-penyakit-mental-Lo89VTtPAr.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SEBUAH studi baru menunjukkan manfaat tak terduga dari hewan peliharaan. Terungkap bahwa hewan peliharaan mampu ringankan penyakit mental.

Kehadiran hewan peliharaan yang konsisten, disertai dengan hubungan kedekatan antara penderita dan hewan kesayangan dapat memberi manfaat tenang seperti terapi pada pengidap gangguan mental.

"Mereka yang kami ajak bicara melalui program studi ini merasa hewan peliharaan mereka memainkan berbagai peran positif seperti, membantu mereka untuk mengelola stigma yang terkait dengan kesehatan mental dengan menyediakan penerimaan tanpa penilaian," kata pemimpin studi, Helen Brooks dari Universitas Manchester di Britania, seperti dikutip laman Thehealthsite, Senin (12/12/2016).

Peneliti menilai, 60 persen dari partisipan penelitian mengaku merasakan perubahan yang signifikan ketika mereka mulai akrab dengan hewan peliharaannya. Kesehatan mental mereka mulai bisa terkontrol dalam jangka panjang.

"Hewan peliharaan juga dianggap sangat berperan selama masa krisis. Seakan memberi dukungan unik tanpa syarat yang tidak diperoleh pengidap gangguan mental dari keluarga atau hubungan dengan orang lain," tambahnya.

Menurut partisipan, salah satu alasan mengapa hewan peliharaan memainkan peran penting dalam mengelola kesehatan mental mereka, karena hewan kesayangannya itu dapat mengalihkan perhatian mereka dari pengalaman menjengkelkan dari gangguan halusinasi seperti suara-suara mengganggu atau bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Salah satu pengidap gangguan mental mengakui perubahan tersebut ketika dirinya makin dekat dengan kucing peliharaannya.

"Saya merasa kucing saya lebih mengerti diriku," kata seorang pengidap gangguan mental.

Namun sayang, peran hewan peliharaan hingga kini belum termasuk dalam terapi medis pengelolaan dan perawatan kesehatan mental di fasilitas layanan kesehatan.

Karena itu peneliti mulai menyarankan bahwa hewan peliharaan bisa jadi media pengelolaan kesehatan mental dalam jangka panjang. Hasil penelitian ini pun sudah diterbitkan dalam jurnal BMC Psychiatry, dengan mewawancarai 54 pengidap gangguan mental berat di atas 18 tahun yang berada di bawah naungan perawatan gangguan mental di fasilitas kesehatan (Rumah Sakit atau instansi terapi gangguan mental)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini