Share

Cara Sehat Makan Nasi Padang Tanpa Khawatir Kolesterol

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2016 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 13 481 1565310 cara-sehat-makan-nasi-padang-tanpa-khawatir-kolesterol-SXI0tbFcs4.jpg Makan nasi padang juga bisa sehat (Foto: Tripadvisor)

SIAPA yang tidak suka makan nasi Padang? Apalagi makanan tervaforit ini sangat nikmat bila disantap saat makan siang. Sayangnya, kelezatan makanan serba bersantan dan berdaging ini kerap dianggap mencetuskan kolesterol tinggi.

Selain memicu terjadinya kolesterol, masakan Padang juga mengandung purin sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Lalu, adakah cara untuk menyantap masakan lezat ini dengan sehat?

Menurut dr Ari Fahrial Syam MD,PhD, FACP, dari divisi gastroentrologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kalau Anda tahu bagaimana menyantap makan nasi Padang dengan bijak, tetap bisa menikmatinya dengan sehat.

"Belum lagi masakan Padang diulang-ulang untuk dipanaskan, gulai masakan Padang yang lezat tersebut akan banyak mengandung kadar lemak jenuh yang berisi kadar kolesterol tinggi," jelas dr Ari dalam surat elektronik yang diterima Okezone, Selasa (13/12/2016).

Meski cara memasak masakan Padang selau dipanaskan berulang, Anda perlu mengakalinya dengan asupan sayuran rebus. Inilah cara yang dapat ditempuh untuk meminimalkan asupan kolesterol. Saat makan nasi Padang, dr Ari menyarankan untuk mengonsumsi timun maupun rebusan daun singkong.

"Serat yang terkandung dalam kedua sayuran ini dapat membantu mengurangi asupan kolesterol di usus halus. Pada umumnya kedua macam sayuran ini selalu tersedia di rumah makan Padang," jelasnya.

Ada baiknya untuk membatasi lauk saat makan masakan Padang. Cukup satu lauk saja, karena tubuh kita perlu memoderasi asupan garam. Lidah kita bisa mengukur kadar garam dalam kandungan lauk masakan Padang.

Dr Ari mengingatkan, jangan lupa mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup. Bagaimanapun, makanan berserat perlu diperbanyak untuk 'menetralkan' kolestrol jahat dalam tubuh. Selamat makan siang!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini