Agar Diet Sukses, Haruskah Makan Sekali Sehari?

Agregasi KlikDokter.com, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2016 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 14 481 1566216 agar-diet-sukses-haruskah-makan-sekali-sehari-535ohRjYli.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

TAK sedikit orang yang melakukan diet hanya dengan makan sekali dalam sehari. Tujuannya tentu saja demi bentuk tubuh ideal. Hati-hati bahaya yang mengincar Anda di balik pola diet ini, sebagaimana penjelasan dari dr. Sara Elise Wijono, Mres.

Anda ingin mengurangi berat badan? Pada umumnya, para ahli menyarankan Anda untuk mengombinasikan pola makan sehat dengan olahraga teratur. Masalahnya, banyak orang yang tak sabar melakukannya dan menginginkan hasil yang cepat dan efektif.

Makan sekali dalam sehari pun menjadi pilihan yang diminati cukup banyak orang. Tapi sebenarnya dapatkah tubuh manusia hanya mendapatkan ‘jatah’ makanan hanya satu kali dalam sehari?

Suatu penelitian pada tahun 2007 membandingkan orang yang makan satu kali sehari dan tiga kali sehari Masing-masing kelompok mendapat asupan dengan jumlah total kalori yang sama.

Hasilnya, mereka yang makan tiga kali sehari memiliki kadar gula darah puasa lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang makan hanya sekali sehari. Kenaikan gula darah pada kelompok yang makan tiga kali sehari pun lebih rendah.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa makan sekali sehari dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes mellitus. Selain itu, alih-alih mengalami penurunan berat badan, Anda justru akan mengalami peningkatan berat badan.

Makan sekali sehari juga menyebabkan kenaikan hormon insulin yang berperan dalam pengambilan gula dari darah ke dalam sel tubuh. Bahkan, suatu studi tahun 2008 menemukan, makan sekali sehari dapat meningkatkan penyimpanan lemak dan mengurangi penggunaan lemak sebagai bahan bakar tubuh.

Makan akan menimbulkan rasa kenyang yang merupakan sinyal otak bahwa tubuh sudah tidak memerlukan asupan makanan. Dengan mengurangi jumlah makan (sekali sehari), maka rasa kenyang akan berkurang pula.

Orang yang makan tiga kali sehari akan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang hanya makan sekali sehari. Akibatnya saat makan sekali sehari, porsi makan justru lebih besar dibandingkan dengan makan tiga kali sehari.

Makanan juga merupakan sumber energi. Jika Anda mengonsumsi lebih sedikit dari kebutuhan harian, kerja organ-organ di dalam tubuh menjadi tidak efektif. Tubuh juga akan memperlambat metabolisme. Bahkan, tubuh bisa memecah otot untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Nah, daripada Anda makan hanya sekali sehari, lebih baik makan tiga kali sehari. Namun, atur pola dan porsi yang Anda konsumsi. Perbanyak buah dan sayur, serta hindari makanan yang digoreng.

Semoga diet Anda sukses!

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini