nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Benar saat Menstruasi Keadaan Kulit Berubah?

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 15 194 1567311 apakah-benar-saat-menstruasi-keadaan-kulit-berubah-FAJo1ZElfP.jpg Kulit sehat (Foto: Boldsky)

LADIES, banyak yang mengatakan keadaan kulit berubah ketika sedang periode menstruasi. Kulit menjadi lebih berminyak dan akhirnya tumbuh beberapa jerawat yang tak diinginkan.

Namun apakah ini benar? Nyatanya seperti dilansir Boldsky, Kamis (15/12/2016), sebuah riset mengatakan 70 persen dari wanita, antara 14 sampai 45 tahun merasakan hal ini. Memang ini benar adanya karena produk kelenjar minyak pada kulit wajah meningkat akibat hormon yang sedang naik saat menstruasi.

Jika keadaan ini kerap Anda alami, jangan khawatir ladies. Mulailah melakukan kebiasaan ini saat menstruasi pada periode menstruasi bulan depan.

Tetap terhidrasi

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah kunci menjaga kesehatan kulit saat menstruasi. Hal ini perlu dilakukan di minggu pertama menstruasi. Sebab di minggu pertama kulit tubuh mulai berubah. Salah satu cara terbaik untuk menjaga hidrasi kulit yaitu dengan mengonsumsi banyak air.

Jaga kelembapan

Pastikan untuk selalu menjaga kelembapan kulit wajah selama menstruasi dengan pelembap. Lantaran kulit wajah menjadi sangat sensitif saat menstruasi maka cukup lakukan perawatan yang ringan.

Lakukan eksfoliasi kulit

Jelang menstruasi kulit cenderung berminyak dan pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul jerawat. Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit sebelum waktu menstruasi penting dilakukan untuk menghindari masalah ini.

Pilah-pilih produk make-up yang tepat

Diingatkan kembali, saat menstruasi kulit cenderung lebih sensitif. Karenanya tetap berhati-hati memilih produk make-up yang digunakan. Baiknya memang pilih yang ringan saja untuk mengurangi potensi sebum yang meningkat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini