nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Kembali Membekukan Daging yang Sudah Mencair? Ini Jawabannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 21:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 15 298 1567725 bolehkah-kembali-membekukan-daging-yang-sudah-mencair-ini-jawabannya-KuHE8ivPZJ.jpg Membekukan daging yang sudah mencair (Foto: Cooking)

DI saat stock daging berlebih, Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan dilematis yaitu, memasaknya sekaligus atau beberapa potong saja. Jika Anda memilih pilihan kedua, tentu saja sisa daging lainnya terpaksa dimasukkan kembali ke dalam lemari pendingin.

Melihat hal tersebut, sebuah pertanyaan besar pun muncul. Apakah daging yang telah dicairkan aman dikonsumsi jika kembali dibekukan di lemari pendingin?

Menurut US Department of Agriculture (USDA), membeli daging salmon yang beku lalu memasukkannya ke dalam lemari pendingin di rumah, memang sangat dianjurkan. Sayangnya hal ini tidak berlaku bagi daging unggas dan sapi.

Selain memengaruhi rasa dan teksturnya, kandungan mineral pada daging tersebut akan berkurang drastis selama proses pencairan berlangsung. Tidak hanya itu, ketika Anda memutuskan untuk membekukannya kembali, proses tersebut justru akan membentuk kristal es yang dapat merusak serat pada daging itu sendiri.

Oleh karenanya, cara terbaik untuk mencairkan daging adalah menggunakan air es, atau langsung di dalam microwave. Jangan sekali-sekali mencairkannya di meja dapur yang bersuhu ruang. Demikian dilansir dari Popsugar, Kamis (15/12/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini