nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Risiko Penyakit Gigi Berlubang jika Tidak Diatasi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 15 481 1567470 ini-risiko-penyakit-gigi-berlubang-jika-tidak-diatasi-CVQeseRYwI.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

GIGI berlubang tak hanya memengaruhi penampilan. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan Anda.

Ada sejumlah masalah kesehatan yang disebabkan oleh gigi berlubang. Semua itu bermula dari gusi bengkak yang merupakan hasil inflamasi atau peradangan gusi akibat kerusakan gigi yang cukup parah dan tidak segera diatasi.

Inflamasi itu bisa terjadi karena ada perkembangan bakteri yang menempel pada gigi. Kemudian bakteri itu berkembang biak hingga dapat mengikis email gigi, menghasilkan asam dan menyebabkan peradangan.

Hal yang paling umum ditemui meliputi mulut terasa pahit, napas berbau tak sedap, kelenjar leher bengkak, memicu sakit tak tertahankan, hingga demam .

Kasus terparah akibat gigi berlubang dapat memicu kerontokan gigi akibat inflamasi yang merambat ke bagian gusi lainnya, menyebabkan abses di otak, gangguan ginjal, jantung, paru-paru, memicu sinus dan koma.

Untuk menghindari semua risiko akibat gigi berlubang sebenarnya sangat mudah. Hanya perlu biasakan diri untuk menjaga kebersihan mulut dengan rajin gosok gigi dan rutin periksa ke dokter gigi. Demikian sebagaimana dikutip Happytoothnc, Kamis (15/12/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini