nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Mandi yang Tepat Mencegah Dermatitis Atopik

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 15 481 1567617 begini-cara-mandi-yang-tepat-mencegah-dermatitis-atopik-qqC3G6NUnx.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

DERMATITIS atopik, penyakit radang kulit ini menimbulkan rasa gatal yang kronik. Biasanya dipicu oleh beberapa faktor alergen seperti stres, deterjen, dan alergen spesifik lainnya.

Dr Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, mengatakan, untuk menghindari terjadinya dermatitis atopik, perlu dilakukan pencegahan. Misalnya mandi dengan air suhu ruangan dan tidak dengan air panas.

"Ada orang yang memiliki kecenderungan alergi, biasanya kulit mereka lebih rentan. Perlindungannya sendiri sudah tidak baik. Kulit perlu dirawat dengan baik, misalnya memakai air suhu ruangan," jelas dr Litya di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016).

Ia menyarankan untuk melakukan serangkaian perawatan singkat, terutama setelah mandi. Kulit yang sensitif membutuhkan perawatan yang lebih intens. Termasuk, pemilihan sabun yang tepat.

"Kemudian, sabun yang digunakan tidak mengandung deterjen dan wewangian," tambahnya. Bahan-bahan yang terkandung dalam sabun wangi dan mengandung deterjen, bisa jadi pemicu alergi dan dermatitis.

Dr Litya berujar, kulit juga perlu perlindungan ekstra dari losion pelembap setelah mandi. Perlindungan ini menutupi kulit yang "terbuka" dan mudah menangkap alergen dari luar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini