Ketika Lenny Agustin Bicara tentang Kain Tradisional Indonesia

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 17 Desember 2016 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 16 194 1568060 ketika-lenny-agustin-bicara-tentang-kain-tradisional-indonesia-tdhpj5RqsV.jpg Lenny Agustin (foto: amanda/okezone)

MERUPAKAN salah satu pekerjaan para desainer mengangkat indahnya kain tradisional pada karya mereka. Berharap karya mereka bisa menggaet perhatian dan masyarakat bisa kian menggemari kain tradisional, sebagai warisan budaya.

Lenny Agustin, salah seorang desainer Indonesia yang selalu memberi sentuhan kain tradisional pada tiap karyanya. Ia berekspektasi, kain tradisional tak hanya menjadi tren dan terus terangkat di mata masyarakat, meski tren kian bergulir.

"Kalau dari desainer masih tertarik, nah kalau secara pasar, tren akan berubah terus. Kita berharap ini bukan hanya menjadi tren. Kita harap teman-teman juga terus mengangkat," ungkap Lenny kepada Okezone di kawasan Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Lenny juga berharap banyak para desainer yang menyertakan kain tradisional, baik batik maupun tenun, dalam koleksi mereka.

"Dan yang turun ke daerah semakin banyak lagi. Selama ini desainer yang turun ke daerah-daerah dan berkolaborasi dengan pengrajin, kan masih bisa dihitung dengan jari," tambahnya

Kolaborasi desainer dan para pengrajin kain tradisional, tentu akan mengangkat budaya tradisional dan perekonomian masyarakat setempat. Lenny pun mengharapkan melalui tangan-tangan para desainer, kain daerah ini bisa digandrungi banyak anak muda dan tidak sekadar menjadi tren saja.

"Semoga dengan cara-cara ini enggak hanya jadi tren, tetapi terus ada dan konsisten. Kain tradisional itu bukan cuma 'entar ada, entar enggak', sehingga kain tersebut sudah biasa untuk dikenakan anak muda dan menjadi salah satu pilihan," pungkasnya.


(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini