nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan Vitamin D Selama Kehamilan Bisa Memicu Autisme

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2016 13:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 16 481 1568126 kekurangan-vitamin-d-selama-kehamilan-bisa-memicu-autisme-1ctYSwbYGW.jpg Ilustrasi (Foto: Tenplay)

PARA peneliti di Australia telah menemukan fakta baru terkait autisme. Mereka mengungkap bahwa ada hubungan antara kekurangan vitamin D selama kehamilan sebagai penyebab autisme.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Molecular Psychiatry menemukan bahwa wanita hamil dengan kadar vitamin D yang rendah ketika usia kandungan menginjak 20 minggu lebih mungkin memiliki anak dengan ciri-ciri autis pada usia 6 tahun. Studi tersebut telah menganalisis sekira 4.200 sampel darah dari wanita hamil dan anak-anak di Belanda.

Dikutip Yahoo, Jumat (16/12/2016). Gangguan autisme merupakan istilah untuk gangguan perkembangan otak. Mereka yang mengalami hal ini cenderung kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi verbal dan nonverbal dan perilaku repetitif.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention menyatakan, sekira satu dari 68 anak memiliki gangguan tersebut dan 4,5 kali lebih tinggi terjadi pada anak laki-laki ketimbang anak perempuan.

Penelitian lain membuktikan bahwa vitamin D berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf. Sehingga memang ada keterkaitan antara kekurangan vitamin D dan autisme.

Untuk mengatasi hal tersebut, selama masa kehamilan sebaiknya ibu hamil perlu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D. Beberapa makanan tersebut diantaranya seperti telur, salmon, sarden, tambahan multivitamin, hingga perbanyak asupan susu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini