nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sendok dan Garpu Khusus bagi Penyandang Disabilitas

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 17 Desember 2016 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 16 481 1568577 sendok-dan-garpu-khusus-bagi-penyandang-disabilitas-oAeQBB73qh.jpg Sendok khusus penyandang disabilitas (Foto: Mashable)

MENYANTAP sesuatu dengan sendok dan garpu, mungkin sesuatu yang mudah dilakukan. Namun tidak bagi penyandang disabilitas yang kebanyakan tak bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

Karenanya perlu ada peralatan khusus bagi mereka. Liftware, sebuah perusahaan yang baru berdiri tersebut menggagas ide baru untuk membantu penyandang disabilitas dalam beraktivitas.

Semua peralatan itu berupa sendok dan garpu dilengkapi teknologi sensor tinggi, sistem komputasi dan mesin penggerak mini. Pertama, ada sendok yang disebut Liftware Steady dan dirancang khusus bagi penyandang disabilitas yang punya kondisi tangan bergetar, jangkauan terbatas hingga gangguan mobilitas lain yang mana tidak bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

Sendok makan ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi gerakan tangan yang tak terduga, kemudian ketika ada getaran, otomatis sendoknya langsung stabil dan menjaga makanan tidak tumpah.

via GIPHY

Sendok yang kedua disebut Liftware Level, di mana sendok dapat menekuk sendiri ketika ada getaran sehingga lebih fleksibel ketika pasien disabilitas sedang mengonsumsi sesuatu. Kedua alat ini lebih cocok digunakan saat mengonsumsi sup, sereal dan makanan berkuah.

Dikatakan CEO Liftware, kedua alat tersebut dapat membantu penyandang disabilitas atau pasien dengan penyakit cerebral palsy (gangguan gerak yang memengaruhi otot dan keterampilan motorik), cedera tulang belakang, penyakit parkinson dan masalah mobilitas pasca-stroke.

Dikutp laman Mashable, Sabtu (17/12/2016). Alat tersebut tidak diciptakan hanya berdasarkan prakiraan saja. Melainkan mereka sengaja bermitra dengan instansi kesehatan agar produk tersebut sesuai dengan kondisi pasien disabilitas yang sebenarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini