Wow, Amerika Serikat Mulai Jual Nanas Berwarna Merah Muda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 19 Desember 2016 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 19 298 1570353 wow-amerika-serikat-mulai-jual-nanas-berwarna-merah-muda-ATCf5RsIme.jpg Nanas merah muda (Foto: Foxnews)

TIDAK hanya hewan, makanan pun kerap dijadikan objek eksperimen oleh para ilmuwan. Baru-baru ini, dunia internasional dikejutkan dengan kemunculan pink pineapple atau nanas berwarna merah muda.

Salah satu produsen makanan ternama Del Monte mengakui telah mendapatkan izin menjual buah unik tersebut dari pihak Food and Drug Administration (FDA).

Varian terbaru ini mereka namakan Ananas comosus atau The Rose. Menurut The Packer, Del Monte diam-diam telah mengembangkan rekayasa genetik tersebut sejak  2005.

Lalu apa yang membuat warna nanas menjadi merah muda?

Setelah ditelusuri, warna merah muda merupakan hasil rekayasa DNA nanas normal yang telah disuntikkan dengan senyawa lycopene. Senyawa ini mengandung pigmen berwarna merah terang yang dapat ditemukan dalam tomat dan semangka.

Menurut FDA, pihaknya telah meminta Del Monte untuk memasukkan varian baru itu dalam kategori "nanas ekstra manis dengan daging berwarna merah muda", sehingga customer tidak akan kebingungan saat hendak membelinya.

"Meskipun Del Monte akan memasarkan nanas ini di Amerika Serikat, tetapi mereka tidak berencana membudidayakannya di sini. Perusahaan tersebut telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kosta Rika," tutur FDA.

Dilansir dari Foxnews, Senin (19/12/2016), hingga saat ini hanya ada 12 tanaman rekayasa genetika yang secara komersial diproduksi di AS.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini