nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Cegah Bayi Sakit Telinga saat Berpindah Suhu Ruangan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 19 Desember 2016 18:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 19 481 1570478 cara-cegah-bayi-sakit-telinga-saat-berpindah-suhu-ruangan-Y2EsKaQsPw.jpg Ilustrasi (Foto: Wikimedia)

SAAT berada di suhu berbeda, bayi sangat rentan mengalami sakit telinga. Penyebabnya bermacam-macam, tapi paling sering dipengaruhi karena masuknya udara dari hidung yang bisa menyambung ke telinga.

Dijelaskan Spesialis Anak dr Isabella Riandani SpA, saluran hidung menyambung dengan saluran telinga. Misalnya kalau bayi berpindah suhu dari ruangan dingin ke ruang terbuka yang panas, seringkali mengalami sakit telinga.

"Hidung dekat dengan telinga, salurannya pun satu. Awalnya dari pilek, cairan ini bisa masuk ke telinga," katanya saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Dia menambahkan, bayi sangat mudah mengalami masalah itu karena mereka masih minum ASI dari ibu dengan berbagai posisi. Rata-rata sakit telinga sering dialami bayi yang sering minum ASI dengan posisi tiduran.

"Kenapa mudah, karena anak masih netek dan ngedot. Posisi minum itu memengaruhi, apalagi kalau posisinya sambil tiduran," tambahnya.

Maka untuk mencegahnya, Moms harus mengganti posisi saat memberikan minum susu pada bayi. Gunakan posisi setengah tidur atau ibu bisa duduk nyaman saat menyusui si kecil.

"Saya sarankan posisi menyusui tidak tiduran. Ubah kebiasaan kalau memang sudah terjadi. Jadi pas nelan tidak ada saluran tuba yang terbuka dan udara masuk ke telinga," tukas dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini