nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Patut Ditiru, Tiga Backpacker Sukarela Bersihkan Sampah di Jalur Pendakian

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 20 Desember 2016 12:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 20 406 1571048 patut-ditiru-tiga-backapcker-sukarela-bersihkan-sampah-di-jalur-pendakian-J1Juv4DuCR.jpg Backpacker Bersihkan Sampah di Jalur Pendakian ke Gunung (foto: Paul Twedt)

TIGA orang bersahabat melakukan perjalanan ribuan mil melintasi jalur pendakian di Amerika Serikat untuk membersihkan sampah yang mereka temukan di sepanjang jalan. Langkah insipiratif ini pun menginspirasi orang di seluruh dunia dengan cerita mereka.

Gerakan yang diberi nama "Packing It Out" dimulai oleh Seth Orme, Joseph Dehnert, dan Paul Twedt. Mereka berprinsip bahwa backpacker harus memastikan bahwa tidak ada sampah yang ditinggal di alam bebas. Untuk itu, mereka membersihkan apa yang dibuang oleh backpacker tidak bertanggung jawab.

Kelompok ini memulai perjalanan pertama mereka di Appalachian Way pada Maret tahun lalu, mulai dari Gunung Springer dan perjalanan 2 ribu mil untuk membersihkan 2.000 pon sampah di sepanjang jalan.

(foto: Packing It Out)

Setelah menyelesaikan itu, Seth dan Paul mengambil rute lain yang lebih populer seperti di Pacific Crest Trail. Kemudian berjalan ke utara dari perbatasan California dan Meksiko menuju perbatasan Washington dan Kanada.

"Tujuan utama kami mengilhami orang lain dan mempengaruhi nilai-nilai masyarakat terhadap alam. Apa cara yang lebih baik untuk melakukannya selain melakukan tindakan sesuai kata-kata Anda? Dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan kita bisa membuatnya lebih estetis dan menyenangkan untuk semua orang," kata Seth Orme.

Sepanjang aksi mereka, beberapa barang dibersihkan, mulai dari puntung rokok sampai kasur berjamur, seperti dikutip dari Lonelyplanet, Selasa (20/12/2016).

“Packing It Out” merencanakan pembersihan besar-besaran lainnya di 2017. Seth berencana untuk berkeliling di seluruh Amerika Seikat, dari Cumberland Island, Georgia, sampai Semenanjung Olympic di Washington.

"Apa yang terjadi di antara dua lokasi tersebut benar-benar penting. Saya berencana untuk membersihkan banyak daerah wisata terkenal tersebut sebisa mungkin, menyebarkan mantra kami untuk membuatnya lebih baik,” katanya.

(foto: Packing It Out)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini