ASI Bercampur Darah, Waspada Tumor Jinak di Payudara

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2016 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 21 481 1572436 asi-bercampur-darah-waspada-tumor-jinak-di-payudara-On89cRee39.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ASI bercampur darah menandakan ada yang tidak beres pada payudara ibu menyusui. Meski umumnya kejadian ini tak disadari, namun sebaiknya harus segera konsultasikan ke dokter agar penyebab utamanya cepat terdeteksi.

Pasalnya, kondisi ASI bercampur darah bisa jadi merupakan pertanda dari perkembangan tumor jinak pada payudara. Selain itu, masih ada sejumlah faktor di mana ASI dapat bercampur dengan darah.

Berikut pemaparan selengkapnya, sebagaimana dikutip laman Boldsky, Rabu (21/12/2016).

Terdapat tumor jinak

Beberapa wanita memiliki tumor jinak pada lapisan saluran susu. Hal itu menyebabkan pendarahan hingga mengalir bersama ASI. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan benjolan kecil atau ada sesuatu yang janggal pada pangkal puting. Segera konsultasikan ke dokter agar cepat terdeteksi dan diatasi.

Masitis

Masitis merupakan jenis infeksi umum pada payudara saat menyusui. Hal ini terjadi ketika ada asupan makanan yang tidak tepat, sehingga infeksi yang terjadi terus meradang sampai mencemari produksi ASI.

Fibrosis kistik

Ibu menyusui di atas 30 tahun sering mengalami kondisi fibrokistik. Hal tersebut ditandai dengan adanya pembentukkan jaringan kista payudara. Karena kondisi ini menyebabkan rasa sakit, lebih baik segera konsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

Menderita paget

Paget merupakan kondisi medis yang cukup langka. Kemungkinan terjadi hanya 2 persen pada ibu menyusui. Pada kondisi ini, produksi ASI bercampur dengan darah akibat penyakit paget tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini