nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI IBU 2016: Sandiaga Uno Akui Belajar Public Speaking dari sang Ibunda

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 Desember 2016 06:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 22 194 1573702 hari-ibu-2016-sandiaga-uno-akui-belajar-public-speaking-dari-sang-ibunda-0HS2nOXpN1.jpg Sandiaga Uno (foto: heruharyono/okezone)

KESUKSESAN seorang anak dalam hidup tentunya tidak bisa dilepaskan dari peran besar seorang Ibu.

Tanpa bermaksud untuk mengecilkan perang seorang Ayah, namun tidak dipungkiri bahwa posisi layak yang bisa diraih oleh seorang anak dalam menjalani kehidupan sebagai orang dewasa, kurang lebih adalah sebagai hasil dari didikan maksimal seorang Ibu.

Hal tersebut dibuktikan sendiri oleh Sandiaga Uno, sosok pengusaha muda yang sekarang sedang mencalonkan diri sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Anies Baswedan ini mengaku ia memang mempelajari banyak hal yang berguna nan bermanfaat bagi hidupnya dari sang Ibunda tercinta, Mien Uno. Mulai dari nilai-nilai moral luhur kehidupan, sampai soal teknik berbicara di depan khayalak umum.

Berbicara soal teknik berbicara di depan khayalak umum atau public speaking khususnya, Sandi-begitu ia akrab disapa bertutur bahwa ia merasa sangat beruntung bisa mempelajari ilmu tersebut dari ahlinya, alias sang Ibu sendiri. Seperti diketahui, sebagai tokoh publik yang gerak-gerik dan semua perkatannya diperhatikan oleh banyak mata. Ilmu public speaking dan tata etika sangat berperan dalam kehidupan seorang Sandiaga Uno, terlebih lagi saat sekarang sedang gencar-gencarnya berkampanye sebagai calon wakil gubernur.

 


“Saya sebagai seorang anak, jujur merasa sangat beruntung sekali bisa memiliki seorang sosok Ibu seperti Mien Uno. Banyak nilai luhur dan moral yang saya lihat dan pelajari langsung dari Mama, saya ingat betul saat mencalonkan diri menjadi ketua ikatan pengusaha muda pada 2003 lalu saya belajar bicara belajar latihan pidato langsung sama beliau. Waktu itu benar-benar saya enggak bisa bicara di depan umum, gugup terus. Saya diajari diingatkan terus bahwa saat berbicara itu intonasi harus benar, tidak boleh terlalu tinggi tidak boleh terlalu rendah, lalu juga lihat ke kiri dan ke kanan ke arah penonton. Kurang lebih teknik-teknik inilah yang saya pelajari langsung dari ahlinya, Mien Uno,” papar Sandiaga dalam sebuah acara di kawasan Jakarta Selatan, kemarin malam.

Diluar itu, Sandiaga mengaku ia sangat kagum dengan sang Ibu sampai detik ini. Pasalnya di usia yang sudah ke-75, Sandiaga masih melihat semangat dan kerja keras dari sang Ibu.

“Saya kagum betul lihat Mama itu ya kalau besoknya ada acara, misal dia harus memberikan materi pengajaran contohnya seperti hari ini. Dia akan mempersiapkan diri secara maksimal, mulai dari latihan pidato di depan kaca sampai ya bikin-bikin slide persentasi. Saya pernah tanya, Mam ngapain sih latihan lagi kan Mama sudah hapal ini di luar kepala selama puluhan tahun. Lalu dia menjawab, bahwa sebagai seorang individu kita tidak boleh untuk berhenti belajar dan bekerja keras,” tandasnya dengan nada bangga.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini