Wuih, Makanan Indonesia yang Dibakar Jadi Favorit Bule Eropa

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 22 Desember 2016 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 298 1573274 wuih-makanan-indonesia-yang-dibakar-jadi-favorit-bule-eropa-jhtTyB6obD.jpg Ayam bumbu bali (Foto: Pinterest)

JIKA dihitung jumlah makanan Indonesia pastinya tidak akan berakhir di angka ratusan, saking banyak varian dan asal daerahnya. Tapi dari banyaknya kuliner Indonesia ini, ada karakter makanan Indonesia yang disukai bule-bule Eropa.

Selebriti Chef Degan Septoadji mengatakan dirinya kerap ditunjuk jadi perwakilan chef asal Indonesia yang bertugas mempromosikan kuliner Nusantara di mancanegara. Dari sekian kali dirinya keluar negeri, akhirnya Chef Degan tahu karakter makanan seperti apa yang jadi favorit masyarakat Eropa.

"Mereka suka santan, suka masakan yang dibumbui lalu dimasak dengan cara dibakar," kata Chef Degan saat ditemui di Jakarta.

Jika ditelusuri banyak sekali makanan khas Indonesia yang diolah dengan cara dibakar dengan balutan bumbu. Ini jadi salah satu ide untuk menyajikan makanan olahan bakar ketika Chef Degan mendemokan masakan Indonesia.

"Mereka suka ayam bumbu rujak, bebek bumbu bali, kambing bakar bumbu ketumbar. Mereka juga suka kambing guling. Saya buatnya tidak satu ekor kambing utuh tapi satu bagian saja misalnya saya pakai bagian paha saja" jelas chef ramah ini.

Pemilik restoran Cafe Degan, Bali dan Letter D, Jakarta ini lebih lanjut menjelaskan banyak bumbu Indonesia yang dianggap eksotis dan menarik misalnya kluwek. "Saya pernah bikin rawon, saya beri tahu mereka soal kluwek dan mereka interest sekali. Kebetulan di sana ada yang jual kluwek tapi sudah dikemas plastik," lanjut Chef Degan.

Membuat masakan Indonesia yang sesuai lidah barat adalah salah satu strategi 'menjual' kuliner Indonesia agar lebih dikenal. "Promosi harus ada hasilnya, minimal merek suka dulu. Nanti pastinya keesokan harinya mereka akan buat masakan Indonesia di rumah karena rindu rasanya," tutup Chef Degan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini