nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI IBU 2016: Ajari Anak tentang Hal Baru di Momen Spesial

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 23 Desember 2016 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 23 196 1574355 hari-ibu-2016-ajari-anak-tentang-hal-baru-di-momen-spesial-NnRkRVrMt8.jpg Hari ibu (Foto: Huffingtonpost)

PERINGATAN Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember kemarin tidak hanya dimanfaatkan anak-anak untuk mengingat jasa ibu. Tetapi sebaliknya, bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk memperluas wawasan anak-anaknya.

Seperti yang dilakukan oleh ibu tiga anak, Mona Ratuliu. Di Hari Ibu, ia membawa dua anaknya ke acara Hari Ibu yang dirayakan bersama anak-anak berkebutuhan khusus. Menurut Mona, hal seperti ini penting untuk dikenalkan kepada anak-anaknya yang masih kecil agar melihat dunia lebih luas lagi.

"Aku selalu bawa anak-anak ke tempat yang belum pernah dia lihat. Aku bawa ke tempat berbeda supaya lihat teman-teman yang berbeda dengan yang kita temui setiap hari. Jadi bisa membuka pikirannya lebih luas lagi," tutur Mona saat ditemui di acara peringatan Hari Ibu yang digagas oleh Dompet Dhuafa di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 22 Desember 2016.

Melihat anak-anak berkebutuhan khusus, dua anak Mona hanya memerhatikan. Menurut istri Indra Brasco, ini adalah momen di mana anak-anaknya melihat dunia yang belum pernah mereka lihat. Tetapi ia yakin setelah keluar dari acara ini, anak-anak akan menghujaninya dengan pertanyaan untuk menuntaskan rasa penasaran mereka.

"Dia jadi tahu kalau dunia isinya banyak, enggak cuma dia dan teman-temannya saja. Tapi banyak sekali warna dunia yang bisa dilihat. Kayaknya terpesona. Begitu di mobil pasti dibombardir pertanyaan. Jadi, nanti sampai rumah punya banyak bahan tentang 'autisme apa sih?'," ujarnya.

Mengajari anak tentang hal baru hari ini bukanlah yang pertama bagi Mona Ratuliu. Ia rutin melakukan kegiatan lainnya untuk mengajarkan anak tentang rasa peduli, rasa syukur, dan hal-hal kecil yang membuat mereka senang dengan cara sederhana.

Di Hari Ibu ini, Mona sendiri mengaku terinspirasi pada ibu-ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Ia mengagumi kesabaran dan ketangguhan mereka dalam merawat dan membesarkan anak.

"Aku terinspirasi sama ibu-ibu seperti ini. Karena aku saja ngasuh anak tiap hari ada lelahnya. Dan aku tahu ada makhluk yang lebih sabar daripada aku," ujar Mona.

Selain mengajarkan anak tentang bersyukur, Mona mengaku dengan melihat wanita-wanita kuat tersebut, ia jadi lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki dan dijalani saat ini.

"Pastinya inspiratif karena kalau kumpul sama ibu-ibu di sekolahan anaknya ada yang nangis mulu, marah terus, dan enggak bisa diam. Ternyata ketika hadir di sini, mereka punya hari-hari yang menuntut kesabaran lebih dari aku. Karena, mereka saja masih punya senyum untuk anaknya," pungkas Mona Ratuliu.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini