Penyebab Pasti Preeklamsia pada Ibu Hamil Belum Terungkap?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 23 Desember 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 23 481 1574319 penyebab-pasti-preeklamsia-pada-ibu-hamil-belum-terungkap-0PJ4RbMCoG.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KEJADIAN preeklamsia menjadi salah satu kejadian yang sangat dihindari ibu hamil. Biasanya preeklamsia ditandai dengan kenaikan tekanan darah 160/110 mm Hg.

Dr Febriansyah Darus, SpOG, ahli obstetri dan ginekologi, mengatakan hingga sekarang ini, preeklamsia belum diketahui penyebab pastinya apa. Ada beberapa pencegahan sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

"Pencegahan supaya tidak timbulnya preeklamsia, mencukupi kebutuhan mikro nutrisi. Dalam sebuah penelitian dikatakan, preeklamsi erat kaitannya dengan kekurangan kalsium dan vitamin D," jelas dr Febri di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, pada ibu-ibu yang kekurangan kalsium dan vitamin D, angka kejadian preeklamsinya tiga kali lebih tinggi dibandingkan, mereka yang mencukupi asupan mikro nutriennya.

Dr Febri memberi saran bagi ibu hamil untuk mencukupi asupan mikro nutrien, terutama asupan Vitamin D dan kalsium. Misalnya dengan berjemur. Matahari pagi mampu mendukung pemenuhan vitamin D dan juga penyerapan kalsium pada ibu hamil.

Betapa pentingnya sinar matahari bagi ibu hamil, terkait erat dengan pemenuhan Vitamin D dan juga kalsium. "Percuma juga kalau ibu minum kalsium banyak-banyak, kalsiumnya enggak akan diserap oleh tubuh. Ia harus disertai dengan vitamin D," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini