NATAL 2016: Yuk, Intip Hidangan Khas Natal di Indonesia!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 25 298 1575345 natal-2016-yuk-intip-hidangan-khas-natal-di-indonesia-gh5Eepn4MN.jpg Ayam Rica-Rica (Foto: Kuliner123)

SAJIAN ala Western selalu identik dalam perayaan Natal. Tapi tahukah Anda, di Tanah Air juga terdapat aneka hidangan khas yang sering tersaji dalam perayaan Natal.

Mulai dari ayam rica-rica, klappertart, ikan kuah kuning dan masih banyak lagi. Berikut Okezone rangkum aneka hidangan khas Natal di Indonesia, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (25/12/2016).

Ayam rica-rica

Sajian dari daging ayam dan punya rasa pedas ini cukup populer sebagai hidangan khas Natal di Manado, Sulawesi Utara. Biasanya, ayam rica-rica dinikmati dengan nasi jaha yang berpadu dengan rempah-rempah.

Klappertaart

Manado punya hidangan istimewa lainnya yang sering tersaji dalam perayaan Natal. Yakni kue klappertaart yang terbuat dari kelapa muda, susu, telur, tepung terigu, kacang kenari, dan bubuk kayu manis. Klappertaart biasanya disuguhkan sebagai hidangan penutup.

Kue lampet

Kue lampet termasuk dalam jajaran kue tradisional khas Sumatera Utara. Dalam perayaan Natal, kue lampet sering kali tersaji sebagai sajian manis, terutama di daerah Tapanuli.

Kue ini terbuat dari tepung beras dengan campuran kelapa parut, gula dan dibungkus daun pisang serta dibentuk segitiga. Rasanya manis, gurih dan legit, cocok dinikmati sebagai hidangan penutup atau pun camilan.

Kue bagea

Kue bagea terbuat dari sagu yang dicampur dengan kenari, minyak, bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh. Kue ini berbentuk bulat dengan warna sedikit coklat pucat dan biasanya tersaji sebagai hidangan khas Natal di daerah Nusa Tenggara Timur.

Ikan kuah kuning

Ikan kuah kuning cukup populer sebagai sajian khas Ambon. Namun dalam perayaan Natal, ikan kuah kuning juga kerap disajikan. Hidangan ini terbuat dari ikan tuna yang dimasak dengan bumbu kuning. Biasanya ikan kuah kuning dinikmati bersama papeda atau bubur sagu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini