NATAL 2016: Waspada, Perayaan Natal Bisa Hasilkan Polusi Berbahaya di Rumah

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 25 481 1575346 natal-2016-waspada-perayaan-natal-bisa-hasilkan-polusi-berbahaya-di-rumah-UpjkqmratU.jpg Waspada, perayaan natal bisa hasilkan polusi di rumah (Foto: Dailymail)

PERAYAAN Natal kerap dilakukan dengan memasak banyak makanan, membakar lilin, dan mengecat ulang rumah. Tanpa disadari, hal tersebut memicu polusi dari zat kimia beracun yang bisa mengancam kesehatan saluran pernapasan.

Seorang ahli polusi udara memperingatkan setiap keluarga yang memeriahkan Natal tentang ancaman partikel-partikel berbahaya tersebut. Diperkirakan, karena perayaan Natal dengan cara tersebut, polusi di dalam rumah bisa sebanyak polusi di jalanan sibuk London.

Bahaya berasal dari kegiatan memasak selama beberapa jam, dengan oven gas yang memompa keluar nitrogen dioksida. Kegiatan menyalakan api di kayu perapian, menyalakan lilin beraroma, dan memainkan konfeti untuk pesta bisa menyebarkan partikel super halus berbahaya sampai yang kurang dari 100 nanometer ke seluruh rumah.

Profesor Ian Colbeck, dari University of Essex, mengingatkan agar keluarga yang berkumpul dalam rumah dengan semua polusi tersebut agar melancarkan sirkulasi udara dengan membuka jendela atau keluar rumah untuk mendapatkan udara segar di Hari Natal.

โ€œHari Natal mungkin menjadi hari yang paling beracun sepanjang tahun di London. Ini memiliki efek yang sama seperti berdiri di pinggir jalan London yang sibuk selama empat jam. Jika Anda asma, Anda mungkin akan sesak napas dan ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular," tuturnya.

Di Denmark, emisi dari tungku kayu bakar dihitung menyebabkan 400 kematian dini setiap tahun. Sementara di London itu menyumbang antara tujuh dan sembilan persen dari polusi partikel selama musim dingin, dikutip dari Dailymail, Minggu (25/12/2016).

Penggunaan lilin yang begitu populer di Natal saat ini juga harus lebih hati-hati dimanfaatkan. Logam dilepaskan dari pigmen warna lilin dan jelaga diproduksi ketika lilin menyala. Di samping naiknya tren lilin beraroma khas Natal, partikel logam yang terlibat bisa berdampak pada kesehatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini