NATAL 2016: Netralkan Efek Alkohol Usai Pesta Perayaan Natal

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 25 481 1575357 natal-2016-netralkan-efek-alkohol-usai-pesta-perayaan-natal-bZyMzdivAL.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

ALKOHOL sangat berdampak merugikan pada kesehatan, terutama organ vital hati. Jika Anda berkomitmen untuk kurangi konsumsi alkohol di Natal kali ini, Anda dapat menerapkan diet yang khusus, termasuk mengatur konsumsi makanan lain yang memicu kerusakan hati.

"Hati adalah satu-satunya organ manusia yang mampu beregenerasi secara alami, sedikitnya 25 persen bagian hati yang rusak. Namun, menjauhi makanan berlemak, seperti mentega, keju, krim, margarin dan daging, serta alkohol adalah yang terbaik untuk meminimalkan risiko kerusakan hari,” kata Nat Hawes, penulis Nature Cures.

Nat Hawes menambahkan, penggunaan bawang putih dan bawang merah dalam makanan bisa menghasilkan allicin yang baik untuk hati. Teh herbal, adas manis, chamomile, adas, jahe, ginseng, ekstrak biji anggur, jamur reishi, dan rumput laut juga makanan yang baik untuk mengobati kerusakan.

"Tomat yang dimasak cepat bisa dikonsumsi bersama minyak ikan. Alpukat juga baik untuk dimakan dengan tomat karena memiliki minyak alami yang membantu dalam penyerapan likopen dalam tomat," katanya memberi saran untuk memperbaiki efek alkohol.

Dikutip dari Express, Minggu (25/12/2016), penyakit hati terkait alkohol mengacu pada kerusakan hati yang disebabkan oleh asupan alkohol berlebih. Ada beberapa tahapan keparahan dan berbagai gejala yang terkait penyakit tersebut.

Di fase awal, penyakit hati karena alkohol ini biasanya tidak menimbulkan gejala apapun sampai hati rusak parah. Tetapi gejala dapat mencakup keluhan sakit, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, kuning pada mata dan kulit, pembengkakan di pergelangan kaki dan perut, sampai muntah darah.

"Membalikkan kerusakan hati bisa sulit, tetapi tidak benar-benar mustahil. Tergantung pada sumber masalah, detoksifikasi hati dapat dibantu dengan banyak makan makanan kaya kalium. Kalium membantu menurunkan tekanan darah sistolik, menurunkan kolesterol, dan membantu mendukung kesehatan sistem kardiovaskular, selain membantu membersihkan hati Anda!” kata Dr Clare Morrison, GP di www.MedExpress.co.uk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini