NATAL 2016: Cara Cegah Gangguan Pencernaan Selama Natal

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 25 481 1575358 natal-2016-cara-cegah-gangguan-pencernaan-selama-natal-832G69Ztj2.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PERAYAAN Natal cenderung membuat orang-orang yang merayakannya makan berlebihan. Belum lagi ketika diikuti banyak konsumsi alkohol, bisa memperburuk kesehatan pencernaan dan memicu sindrom iritasi usus atau dalam bahasa Inggrisnya Irritable Bowel Syndrome (IBS).

IBS ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk peningkatan sensitivitas usus. IBS ditandai dengan nyeri perut, kembung, perubahan kebiasaan buang air besar, yang bisa dirasakan selama hari-hari perayaan Natal.

Dr Ayesha Akbar, konsultan pencernaan di Rumah Sakit St Mark, Inggris, memberi saran tentang bagaimana cara menghindari sindrom iritasi usus selama Natal. Berikut tipsnya, seperti dilansir dari Express, Minggu (25/12/2016).

1. Hati-hati pada apa yang Anda makan dan hindari makanan pemicu masalah pencernaan. Contohnya makanan yang memicu kembung, seperti kacang-kacangan, bawang putih, susu, apel, gula alkohol, brokoli, minuman berkarbonasi, dan semangka.

2. Hindari makan terlalu larut malam

3. Minum banyak air daripada kopi atau teh, juga alkohol, yang dapat menguras cairan

4. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini