NATAL 2016: Alasan Natal Bisa Sehatkan Jiwa dan Raga

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 25 481 1575373 natal-2016-alasan-natal-bisa-sehatkan-jiwa-dan-raga-oQueXwXsVS.jpg Ilustrasi (Foto: Irishexaminer)

PERAYAAN Natal adalah momen membahagiakan bagi banyak orang. Khidmat dan meriahnya ibadah di gereja, waktu berkumpul bersama keluarga dan kerabat, dan berlimpahnya makanan selama perayaan Natal benar-benar bisa menyegarkan jiwa dan raga.

Bagaimana bisa demikian? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Irishexaminer, Minggu (25/12/2016).

Anda menghabiskan lebih banyak waktu makan di meja

Kesibukan kerja selama ini mungkin membuat fokus kita saat makan terbagi dengan pekerjaan. Namun, di Natal kali ini tidak ada alasan untuk tidak mensyukuri nikmatnya makanan yang disajikan di meja makan.

"Duduk di meja jauh lebih baik untuk pencernaan daripada makan sambil mengerjakan hal lain seperti menonton TV di sova. Dengan duduk bersama di meja, Anda lebih akan fokus pada makanan dan ini akan membantu pencernaan," kata Shona Wilkinson, ahli gizi di SuperfoodUK.com.

Interaksi dengan banyak orang merangsang otak

Bertemu dengan teman-teman lama atau keluarga jauh di Natal kali ini tentu bisa merangsang otak Anda ketika mengingat mereka. Otak Anda akan lebih terlatih jika Anda memanfaatkan momen Natal untuk mengajak bermain keponakan kecil atau sepupu Anda bermain permainan otak.

"Menantang dan merangsang otak Anda penting untuk menguatkan daya ingat. Selama liburan Natal, Anda bisa mencoba bermain Monopoli dan Charades, yang bisa menjadi cara menyenangkan untuk melatih otak kita,” kata Wilkinson.

Makanan Natal perbaiki gizi

Jika ada istilah perbaikan gizi bagi anak kost yang sedang pulang ke rumah, berlimpahnya makanan Natal adalah saat yang tepat. Bagaimana pun, tetap patuhi jadwal dan komposisi makanan yang seimbang. Pilih hanya makanan sehat, seperti menu sayur, daging ayam kalkun, dan keju yang bergizi tinggi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini