nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenis Vitamin yang Tak Merugikan Dikonsumsi Jangka Panjang

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2016 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 26 481 1576018 jenis-vitamin-yang-tak-merugikan-dikonsumsi-jangka-panjang-kNELIoTgsW.jpg Vitamin yang tak merugikan (Foto: Corbis)

SEBAGIAN masyarakat terbiasa bergantung dengan vitamin dengan alasan-alasan khusus. Bahkan kini, 30 persen millenial atau anak-anak perempuan kekinian mengonsumsi miltivitamin. Tapi apakah konsumsi vitamin semuanya bermanfaat?

Penelitian tentang penggunaan suplemen menunjukkan bahwa beberapa vitamin menyehatkan, beberapa hanya membuang uang bahkan berbahaya untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. FDA atau asosiasi pengawas obat dan makanan Amerika Serikat saja tidak membatasi atau mengevaluasi keamanan bahan pembuat suplemen sebelum mereka dijual.

Tapi, berikut ini ada daftar beberapa vitamin yang baik dikonsumsi dalam jangka panjang, menurut para ahli, seperti dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (27/12/2016).

Vitamin D

Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang, imunitas, melawan peradangan, dan menenangkan depresi. Namun, beberapa makanan memiliki vitamin D alami, seperti dalam ikan berlemak dan kuning telur. Beberapa produk susu juga mengandung vitamin D, susu contohnya. Tapi susu baiknya diminum enam gelas per hari untuk mendapat porsi yang cukup.

Agar lebih bermanfaat, tes kekurangan vitamin D bisa Anda cari tahu untuk mengetahui seberapa penting konsumsi vitamin ini untuk Anda dan memastikan berapa kebutuhan vitamin D untuk mengatasi kekurangan. Mulailah dengan minum vitamin D 600 IU.

Kalsium

Anda bisa minum suplemen kalsium jika Anda tidak makan produk ternak (susu atau daging) setiap hari. Jumlah kalsium dari produk hewani terbukti jauh lebih kaya daripada kalsium dalam produk nabati. Suplemen juga penting bagi mereka yang menghindari laktosa dengam saram konsumsi 1.000 milligram suplemen, kata Kimberly Robien, PhD, profesor di George Washington Universit.

Vitamin kehamilan

Vitamin ini bisa dikonsumsi saat atau ketika Anda berencana hamil. Mulai konsumsi ini minimal beberapa hari sebelum Anda mencoba membuat anak. Asam folat yang menjadi kandungan utama vitamin ini akan membantu mencegah cacat kehamilan seperti 'spina bifida' dan penting untuk kebutuhan hari-hari pertama kehamilan, kata Robien.

B12

Jika Anda vegan atau jarang konsumsi daging, ini bisa Anda makan secara rutin. Menurut Dr Hensrud, setiap orang direkomendasikan untuk mengonsumsi 2,4 mikrogram B12 melalui suplemen atau makanan terfortifikasi seperti daging.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini