Toilet Umum Tularkan Penyakit Menular Seksual? Jangan-Jangan Ini Hanya Mitos!

Agregasi Majalah Popular, Jurnalis · Rabu 28 Desember 2016 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 481 1577732 toilet-umum-tularkan-penyakit-menular-seksual-jangan-jangan-ini-hanya-mitos-Oo7k9rIvn1.jpg Ilustrasi (Foto: Telegraph)

ADA banyak ketakutan saat menggunakan toilet duduk di WC umum. Salah satunya risiko penyakit akibat bakteri yang menempel di sana. Selain itu, ada pula khawatir tentang penyakit menular seksual yang bisa ditularkan.

Pertanyaannya, benarkah pemakaian toilet jongkok di WC umum bisa tularkan penyakit menular seksual? Atau jangan-jangan anggapan tersebut hanya mitos belaka?

Terkait itu, ahli kesehatan seksual dari Sydney Sexual Health Centre, Profesor Basil Donovan, angkat bicara. Kata dia, penyakit menular seksual sejatinya tak bisa ditularkan lewat toilet umum.

Menurutnya, virus dan bakteri yang menempel di toilet duduk tak bisa bertahan lama setelah meninggalkan tubuh manusia.

“Sesuai namanya, penyakit menular seksual (PMS) bisa ditularkan lewat aktivitas seksual, seperti penetrasi, seks oral, atau dalam beberapa kasus via kutil kelamin. Virus juga tak suka kondisi kering dan panas, sehingga organisme itu tak akan bisa hidup lama. Setelah beberapa menit, mereka biasanya akan mengering lalu mati,” ujar Donovan.

Donovan juga bilang, toilet dirancang khusus untuk tak menyentuh organ genital. Jadi, meski kulit bersentuhan langsung dengan toilet, bukan berarti Anda akan terinfeksi bakteri yang bersarang di sana.

“Perlu diketahui, infeksi tak akan terjadi jika virus hanya menempel di bagian kulit terluar. Selama bertahun-tahun tangani pasien, belum pernah saya temukan kasus penyakit seksual gara-gara toilet umum,” lanjutnya.

Cara jaga kebersihan di toilet umum

Oh ya, meski infeksi menular seksual tak bisa tertular via toilet umum, bukan berarti Anda bisa dengan bebas keluar-masuk toilet tanpa memerhatikan kebersihan. Dikatakan Donovan, menjaga kebersihan tubuh tetap jadi hal utama.

“Menjaga kebersihan diri usai gunakan toilet adalah faktor penting untuk hentikan penyebaran kuman penyebab penyakit pencernaan, seperti rotavirus,” terang Donovan seperti dilansir ABC.

Lantas, apa saja aturan yang harus dipatuhi?

Pertama adalah jangan pernah sentuh wajah sebelum cuci tangan usai masuk toilet. Kedua, cucilah tangan pakai sabun. Terakhir, pastikan tangan benar-benar kering usai dicuci. Pasalnya, tangan yang masih basah kemudian pegang gagang pintu berpotensi besar bikin kuman berkembang biak!

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini