nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayam Bakar Tahun Baru Kurang Mantap? Begini Masak Ayam yang Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 02 Januari 2017 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 30 298 1579765 ayam-bakar-tahun-baru-kurang-mantap-begini-masak-ayam-yang-lezat-A6YfosPstT.jpg Tips mengolah ayam yang lezat (Foto: Thinkstock)

AYAM merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan. Tak ayal jika sebagian orang menganggap bahwa mengolah ayam adalah persoalan mudah. Padahal, ada beberapa kesalahan pengolahan yang sering dilakukan saat memasak ayam.

Dikutip dari buku Aneka Resep Ayam & Bebek, karya Elisa, berikut 7 tips mengolah ayam yang bisa Anda coba di rumah. Senin (2/1/2017).

1. Pilihlah jenis ayam sesuai karakteristik hidangan yang akan Anda sajikan. Jika ingin mengolah gulai, sebaiknya menggunakan ayam kampung.

 

2. Karena kandungan air dan lemak ayam broiler lebih tinggi dibanding dengan ayam kampung, oleh karenanya mengolah ayam broiler lebih singkat dibandingkan dengan ayam kampung. Jangan heran bila setelah diolah, badan ayam broiler lebih banyak menyusut dibanding ayam kampung.

3. Jangan samakan waktu pengolahan ayam broiler dan ayam kampung. Memasak ayam broiler terlalu lama akan membuat dagingnya hancur. Sebaliknya, ayam kampung yang dimasak sesuai tingkat kematangan ayam broiler, tekstur dagingnya masih terbilang keras.

4. Bila ingin mengolah ayam broiler namun lemaknya tidak banyak, hilangkan saja lemak yang menempel di badan dan kulit ayam. Lemak-lemak tersebut dapat dimanfaatkan untuk dijadikan minyak ayam yang gurih.

 

5. Nah, jika Anda ingin mengonsumsi ayam broiler dengan kandungan lemak yang rendah, kukus ayam hingga lemaknya luruh sebelum Anda mengolahnya menjadi hidangan keluarga.

6. Bila mendapati ayam kampung yang tua, sebelum diolah sebaiknya bungkus ayam kampung dengan remasan daun pepaya selama 20-25 menit. Agar daging cepat lunak saat diolah.

7. Penambahan air kelapa saat mengolah ayam, selain berfungsi untuk memunculkan citarasa gurih dan lezat, juga membantu proses pengolahan ayam agar cepat lunak.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini