5 Tanda-Tanda Pankreas Anda Mulai Bermasalah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 02 Januari 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 30 481 1579939 5-tanda-tanda-pankreas-anda-mulai-bermasalah-grho9fpxeP.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

PANKREAS adalah salah satu organ penting yang sering sekali terabaikan kesehatannya. Padahal, ketika pankreas bermasalah, Anda berisiko mengalami berbagai macam penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Pankreas berperan memproduksi hormon dan enzim yang membantu pencernaan. Karena itu, penting menjaga kesehatannya dan mengetahui tanda-tanda pankreas mulai bermasalah untuk melakukan pencegahan.

Gastroenterologist, Dr Indraneel Saha menjelaskan tanda-tanda peringatan ketika pankreas Anda mulai bermasalah yang dilansir dari laman Thehealthsite:

Perubahan warna tinja

Pankreas menghasilkan enzim yang membantu tubuh menyerap vitamin larut lemak, seperti vitamin A, E dan K. Jika Anda melihat tinja berwarna terang, itu bisa menjadi tanda dari penyerapan gizi buruk.

Diabetes tipe 2

Pankreas juga menghasilkan hormon yang mengontrol produksi insulin tubuh serta kadar gula darah. Jadi, jika pankreas Anda rusak, maka berisiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 2.

Mual dan muntah

Pankreas berperan memproduksi hormon yang memecah lemak. Jika pankreas tidak bekerja dengan benar, maka dapat mengacaukan proses mencerna lemak, sehingga menyebabkan mual.

Sakit perut

Nyeri perut adalah salah satu tanda yang paling umum dari pankreatitis akut dan kanker pankreas. Rasa sakit akibat pankreastitis akut datang tiba-tiba, intens dan terasa di perut bagian tengah.

Penurunan berat badan yang cepat

Jika Anda mengalami sakit perut disertai dengan penurunan berat badan mendadak, maka itu bisa menjadi tanda kanker pankreas. Kondisi lain seperti tiroid juga bisa menjadi penyebab penurunan berat badan yang cepat, sehingga jalan terbaik adalah berkonsultasi ke dokter untuk mendiagnosis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini