Bahaya, 3 Gejala Ini Timbul Ketika Kelebihan Asam Lambung

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 01 Januari 2017 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 01 481 1580665 bahaya-3-gejala-ini-timbul-ketika-kelebihan-asam-lambung-R3bibB8eir.jpg Bahaya kelebihan asam lambung (Foto: Livestrong)

ASAM lambung adalah cairan alami yang ada di lambung. Fungsinya untuk mencerna makanan dan juga membunuh bakteri berbahaya yang ikut tertelan lewat makanan. Tapi jika jumlah asam lambung meningkat maka akan ada gejala yang bisa membahayakan tubuh.

Dilansir dari LiveStrong, Minggu (1/1/2017) ada tiga gejala yang akan timbul ketika lambung kelebihan asam. Gejala ini muncul secara bertahap mulai dari yang ringan hingga yang berat. Semakin tinggi kadar asam lambung maka akan semakin berbahaya untuk kesehatan.

Gejala ringan

Tanda gejala ringan yang timbul ketika asam lambung mulai naik adalah rasa tidak nyaman pada perut pasien. Gejala awal yang timbul adalah perut terasa kembung, sering bersendawa dan merasa mulas namun bukan diare. Biasanya gejala ini timbul ketika orang telat makan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas. Di fase ini, pasien juga kerap buang angin dengan intensitas yang lebih sering dari saat normal.

Gejala lanjutan

Jika asam lambung sudah jauh lebih meningkat dari gejala ringan, itu tandanya semakin berbahaya. Tidak hanya merasa kembung atau mulas tetapi juga merasa sakit di bagian perut sebelah kiri tepatnya di bagian lambung. Jika sudah semakin parah, keadaan ini akan menyebabkan Gastrointestinal Reflux Disease (GERD). Gejala ini adalah tanda asam lambung sudah mulai naik ke saluran esofagus atau kerongkongan. Jika hal ini terjadi tanda yang disarakan seolah bagian dada terbakar atau merasa panas dalam.

Gejala darurat

Yang paling parah adalah gejala naiknya asam lambung yang sudah melukai bagian lapisan mukosa dalam lambung. Ini adalah gejala luka, artinya lambung sudah menjadi luka karena asam lambung yang terus menggerus lapisan terluar dari lambung. Hal ini tidak bisa terus didiamkan karena jika dibiarkan lama maka lambung bukan hanya terluka tapi bisa menyebabkan kebocoran lambung. Jika hal ini terjadi pastinya keadaan ini bukan hanya mengancam kesehatan lambung tetapi juga keselamatan jiwa Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini