Cara Efektif Menjaga Dapur agar Selalu Rapi

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 02 Januari 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 02 196 1581470 cara-efektif-menjaga-dapur-agar-selalu-rapi-K2JQ4ce0r6.JPG Ilustrasi Dapur (foto: Instagram/Slankditthjem)

AKTIVITAS yang terjadi di dapur memang mustahil membuat dapur akan selalu rapi. Tetapi, ada metode baru yang dapat membantu Anda mengatasi masalah dapur yang berantakan secara lebih efisien.

Seorang ahli tata ruang dan organisir barang asal Jepang, Marie Kondo, membagi tips dan metode tata kelola barang-barang di dapur agar ruang masak ini terjaga kerapihannya. Inilah tips dari wanita yang dikenal dengan nama Konmari tersebut dalam mengelola dapur.

Seleksi

Seleksi segala keperluan dapur. Buang barang yang tidak digunakan. Pastikan benda-benda di dapur Anda hanya yang terpakai dan bisa dimakan saja. Letakkan itu pada wadah penyimpanan dan tersusun rapi.

Isi kulkas

Jauhkan isi kulkas dari makanan-makan sisa. Pastikan isi kulkas berisi makanan baru dan buah-buahan segar. Jangan membuat kulkas penuh sesak dengan sisa makanan yang tak mungkin dimakan lagi.

Alat masak

Anda hanya perlu beberapa alat masak saja. Buang yang tidak digunakan atau alat masak yang dimiliki lebih dari satu namun dengan fungsi yang sama. Seperti, beberapa panci atau tangkai menggoreng. Simpan di dalam lagi dapur dengan pengaturan yang baik.

Kontrol

IHすぐ下には、フライパンや菜箸、お玉などの火を使う時に必要なモノを中心に収納しています。 あとは、毎日使うブレンダーとか、麦茶用の容器とか、水筒とか…。 写っていないフライパン(小)も1つあるものの、 かなり減らしました!が。 この他にルクルーゼのお鍋がいくつかあり…。 全てをまとめては収納できないので、白いルクルーゼは出しっぱなし😅 ✼✼✼ 最近、片付けや整理を通して起こった変化があります。 それは、私の中で "かわいい&ステキ=欲しい"という方式が消えたことです! 以前なら、かわいい、これイイなと思ったら、どうにかして買う方向に向かっていました。 でも今は、もしこれを買ったら…いつかは捨てる日が来るかもしれない、なんてことまで考えられるようになりました。 片付け&断捨離バンザイ*(^o^)/* 2016.02.10☀︎ #片付け #キッチン #IH #収納 #スパイス #無印 #野田琺瑯 #ルクルーゼ #アフタヌーンティー #暮らし #断捨離 #整理 #シンプルライフ #mykitchen #myfav #kitchen #obsession #tidy #neat #cleaning #konmarimethod #declutter #sparkjoy #lecreuset #muji #organized #white #simplicity #simplify

A photo posted by Lisa (@gingersnaps_st) on Feb 10, 2016 at 3:20am PST

Pastikan semua benda yang ada di dapur benar-benar hanya untuk keperluan dapur. Jangan biarkan ada benda lain yang tak ada hubungannya dengan masak-memasak memenuhi dapur Anda. Kondisi ini sekaligus membuat Anda nyaman berada di dapur.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini