Rahasia Menjadi Orangtua Sukses di 2017

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 02 196 1581536 rahasia-menjadi-orangtua-sukses-di-2017-x5UxYlzIcg.jpg Ilustrasi Orangtua (foto: Parenting)

MENJADI orangtua adalah anugerah terindah yang tak dapat dibeli kenikmatannya. Namun, menyandang gelar sebagai orangtua juga disertai dengan tanggung jawab besar.

Orangtua bukan manusia sempurna yang tak luput dari kesalahan. Tetapi, orangtua memiliki kesempatan untuk sukses melakoni perannya merawat dan mendidik anak-anak. Melansir dari Wikihow, Selasa (3/2/2016), inilah rahasia menjadi orangtua sukses di tahun 2017 yang penuh tantangan.

Cintai anak-anak

Berikan anak cinta dan kasih sayang. Tak peduli seberapa marah Anda hari itu melihat ulahnya, tetapi tetap berikan pukan dan kecupan untuk anak. Beritahu dia dengan penih sabar ketika melakukan kesalahan.

Puji anak-anak

Tidak ada gunanya memarahi anak dengan kata-kata kasar, mata melotot, dan teriak-teriak. Fokus pada kelebihan anak, puji dirinya ketika melakukan hal baik, mengubah kebiasaan buruk, atau ketika anak menolong temannya. Dengan apresiasi pada anak Anda sukses membuat Anda mengasah kelebihan dirinya.

Jangan membandingkan

Setiap anak berbeda. Beda anak maka lain pula kepintarannya. Maka jangan pernah membandingkan anak dengan anak lain, terutaman dengan saudaranya. Setiap anak itu unik. Membandingkan anak hanya akan membuat anak.membenci teman atau saudaranya sendiri.

Dengarkan anak

Komunikasi yang paling baik dengan anak bukanlah banyak bicara dan terus menceramahinya. Jadilah pendengar yang baik agar Anda tahu karakter anak dan semakin mengenalnya lebih jauh. Dengan begitu semakin mudah Anda menentukan metode mendidik anak yang sesuai dengan karakter anak.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini