7 Tips yang Bisa Membantu Anda Bagaimana Belajar Masak di 2017

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2017 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 03 298 1582250 7-tips-yang-bisa-membantu-anda-bagaimana-belajar-masak-di-2017-PnbbZkVNNo.jpg Belajar masak di 2017 (Foto: Imgd)

MULAI belajar memasak, mungkin menjadi urutan pertama dalam list resolusi Anda di tahun yang baru ini. Tidak ada yang salah, bahkan ketika yang pertama Anda lakukan untuk mewujudkan hal ini adalah membeli buku resep terbaru dengan foto-foto bewarna yang menarik dan membuat Anda menelan air liur.

Tapi jangan hanya berhenti sampai di situ, segera pergi ke dapur dan wujudkan resolusi Anda. Tidak perlu terburu-buru dengan membuat sajian yang wah. Lakukan mulai dari yang Anda suka sudah menjadi permulaan yang baik.

Melansir Mashable, Selasa (3/1/2016), berikut tujuh tips yang diberikan sejumlah chef profesional, selebriti chef, bahkan pecinta kuliner.

Belanja bahan yang sesuai musim

Kabar baiknya hampir semua bahan makanan atau bumbu-bumbu dapat dengan mudah kita peroleh kapan saja di pasar tradisional kita. Jangan terlalu memaksakan ingin memasak masakan yang menggunakan bahan yang sedang tidak musimnya. Kalaupun ada pasti bahannya kurang berkualitas karena bukan dipanen alami pada musimnya.

"Temukan bahan musiman yang berkualitas. Bahan yang berkualitas akan membuat Anda lebih mudah memasaknya. Memasak dengan penuh hormat karena Anda tidak akan mendapatkannya di lain waktu," kata Thiago Silva, Executive Pastry Chef di Union Fare.

Semua harus disiapkan

Lupakan improvisasi, Anda bukan seorang profesional chef. Menyiapkan segalanya adalah awal dari kesuksesan.

 


"Mise en place! (Perhatikan penempatan/susunan) Ini adalah ungkapan dalam bahasa Prancis untuk mengatur atau menyusun bahan-bahan dan memulai persiapan dari masing-masing langkah pembuatan seperti dalam resep sebelum Anda memasaknya. Sekali Anda memasak dengan tahapan yang sudah disiapkan, misalnya dengan bawang yang sudah dicacah dan bahan ditakar, maka Anda akan belajar bahwa tidak ada yang harus kembali mengulang dari awal sementara air sudah mendidih atau minyak dalam wajan sudah panas," kata Katie Quinn, seorang yang sangat antusias dalam kuliner.

Jangan mengawali dengan souffle

Ini ibarat membangun rumah, maka tidak bisa Anda langsung membuat atap tanpa terlebih dahulu membuat pondasinya. Begitu juga dalam memasak.

"Mulai dari yang paling dasar. Belajar bagaimana menggunakan pisau, ini adalah nomer satu. Belajar bagaimana menggunakan wajan, bagaimana memanaskan minyak sebelum menambahkan bahan makanan, bagaimana mengontrol tingkat panas. Rangkaian ini membantu mengembangkan kemampuan dan membuka kemungkinan baru. Ikuti aturan dan kemudian Anda bisa tahu apakah perlu diabaikan atau tetap diikuti untuk hasil yang lebih baik," kata Laurence Edelman, Chef sekaligus pemilik Left Bank.

Jangan dibuang

Tidak harus selalu sempurna untuk hasil yang lezat. Tekankan bahwa tidak ada yang sia-sia atas apa yang telah Anda lakukan.

 


"Kebanyakan bahkan selalu ada solusi. Kentang yang kematangan tetap enak saat disuguhkan sebagai mashed potato, nasi yang kematangan akan menjadi lezat ketika dibuat menjadi puding, bahkan kue yang gagal bisa tetap menjadi kue ketika dibuat sebagai cake pops," ujar Tracy Gogh, seorang private chef.

Belanja mingguan dan atur rencana

Suatu yang terburu-buru tentu tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Begitu juga saat memasak.

 


"Belanja seminggu sekali adalah pilihan yang tepat dan rencanakan apa yang ingin kita masak dalam sepekan itu. Memasak di rumah adalah tentang rencana bermain tapi penuh disiplin," kata Jean Paul Bourgeois, Blue Smoke Executive Chef and Louisianian.

Pastikan memiliki stok bumbu-bumbu di dapur

 


"Orang-orang merasa kewalahan Karena daftar resep cenderung panjang. Ini penting untuk mempersempit fokus Anda pada hal-hal yang Anda ingin memasak di rumah untuk persediaan dapur Anda. Saya ingin membuat masakan China, jadi saya stok bumbu-bumbu untuk membuat masakan China. Mencakup kecap, minyak wijen, minyak cabai, lada putih, cuka hitam, kacang hitam difermentasi, saus tiram, anggur masakan China, lima rempah-rempah bubuk, minyak kacang, dan jamur shiitake kering," kata Jenny Dorsey, koki profesional dan ahli strategi kuliner.

Lakukan apa yang Anda suka dan lakukan dengan penuh cinta

Pernah mendengar ungkapan, "Makanan adalah cinta"? Karenanya memasaknya dengan penuh cinta dan mulai dari yang Anda suka, bukan karena tuntutan.

 

Comin' at ya'. 📷: @cy_eats /📍: @felicewinebar #forkyeah

A photo posted by @thrillist on


"Mulai dengan belajar membuat makanan yang Anda paling suka. Karena tentu Anda akan melakukannya dengan senang hati, semangat dan bahkan mau mencoba lagi dan lagi ketika Anda gagal," ujar Leslie Durso, seorang Vegan Chef dan pemandu acara masak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini