Image

Ternyata Makan Malam Bersama adalah Waktu Terbaik Menyampaikan Kritik untuk Keluarga

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2017, 10:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 04 196 1582962 ternyata-makan-malam-bersama-adalah-waktu-terbaik-menyampaikan-kritik-untuk-keluarga-M08Gwlmfhr.jpg Makan malam bersama keluarga (foto: jimandjerolynbogear)

MAKAN malam bersama keluarga bukan sekadar mengisi perut kosong. Ada banyak manfaat yang didapat ketika makan malam bersama ayah, ibu, dan anak-anak. Meski hanya sekadar makan malam, tetapi mampu membangun hubungan kuat bersama keluarga.

Rutinitas masing-masing anggota keluarga membentangkan jarang satu sama lain. Sehingga sulit untuk menyampaikan kritik dan saran kepada anak atau orangrtua. Melansir dari Familyshare, Kamis (5/1/2016) makan malam memiliki banyak manfaat untuk keluarga, berikut di antaranya.

Menyampaikan kritik dan saran

Tak peduli berapa usia anak-anak, saran yang baik adalah yang mampu membimbing mereka lebih baik menjalani hidup. Mungkin kapan saja orangtua bisa mengkritik anak, tetapi saat makan malam itu membuat anak lebih rileks mendengarkan. Dengan makan malam bersama, anak tidak merasa khawatir akan diserang oleh orangtua tentang kesalahannya. Anak akan mendengar semua yang disampaikan orangtua adalah kritik membangun.

Mengajarkan makan yang baik

Kesibukan anggota keluarga belajar dan sekolah, menciptakan kebiasaan makan yang buruk. Makanan cepat saji menjadi konsumsi alternatif ketika tak ada masakan lain. Oleh sebab itu, makan malam adalah waktu yang tepat untuk menyantap makanan yang benar. Siapkan bahan olahan makanan untuk dimakan bersama keluarga malam hari.

Belajar etika yang tepat

Pernahkah Anda melihat orang tak memiliki etika sopan-santun saat makan? Sebagai orangtua tentu Anda tak ingin ini terjadi pada anak. Maka, makan malam saatnya mengatur hidangan untuk disantap bersama sambil mengajarkan etika makan yang baik. Misalnya dengan mengajarkan mengatakan hal sederhana, “Ini asparagus-nya”, “Ya, terimakasih ibu”. Kemudian belajar menggunakana serbet, menyeka mulut, dan menggunakan alat makan.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini