Moms, Begini Cara Memotivasi Anak agar Makin Percaya Diri

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 04 196 1583064 moms-begini-cara-memotivasi-anak-agar-makin-percaya-diri-sjl5iPCAqE.jpg Motivasi anak agar percaya diri (foto: theepochtimes)

ORANGTUA mana yang sanggup terus-terusan menderita karena melihat anaknya rendah diri? Namun sayang, tidak semua keinginan orangtua dapat terealisasi dengan mudah. Begitu sulit mengatasai masalah ketidakpercayaan diri anak.

Jadi, apakah Anda memiliki anak yang kurang percaya diri? Memasuki 2017, orangtua perlu belajar banyak cara yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Seperti dimuat Popsugar, Kamis (5/1/2016), inilah beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

Pahami perasaan anak

Jika anak datang dengan membawa masalah harga diri, penting mendengarkan apa yang mereka rasakan, seperti sedih atau down. Cara ini dapat mengidentifikasi masalah dasar dan menawarkan solusi yang efektif.

Identifikasi apa yang membuat anak tak percaya diri

Orangtua cenderung suka mengkritik, terutama terhadap anak. Seolah tak rasional jika anak tak mampu melakukan apa yang sudah menjadi standar umum. Moms, ketahuilah anak lebih baik dimotivasi ketimbang dikritik. Misalnya ketika anak tidak bisa mengerjakan matematika, jangan mengatakan anak bodoh. Tapi katakanlah kalau dia anak yang pintar, hanya butuh konsentrasi saja untuk mengerjakan pelajaran tertentu.

Stop membandingkan

Tak ada lagi yang membuat perasaan anak jadi lebih buruk selain mendengar saudara kandungnya lebih baik dari dirinya. Membandingkan anak benar-benar merusak harga dirinya, maka jangan buat persaingan antarsaudara.

Ciptakan kondisi rumah yang positif

Semua metode mengatakan, “semua berawal dari rumah.” Ya begitu pula dengan percaya diri. Buat beberapa perubahan, ciptakan rumah yang nyaman, ajarkan anak membantu orang lain agar mereka tahu bahwa dirinya memiliki kemampuan.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini