nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terong Bisa Jadi Santapan Lezat Loh Begini Cara Mengolahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2017 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 04 298 1582946 terong-bisa-jadi-santapan-lezat-loh-begini-cara-mengolahnya-TPjAa2dpji.jpg Mengolah terong dengan lezat (Foto:Google)

TERONG merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan berserat tinggi. Tak ayal jika sejumlah negara seperti Amerika Latin, Italia, China, Persia, dan Indonesia kerap mengolah sayuran ini menjadi sebuah hidangan yang lezat.

Nah, jika Anda tertarik memasak terong untuk menu makan malam nanti, yuk simak tips praktis mengolah terong, seperti dilansir dari Food.com, Rabu (4/1/2017).

Potong dan kupas

Pertama, pilihlah terong berukuran kecil. Semakin kecil ukurannya, semakin baik pula rasanya. Selain itu Anda tidak perlu repot-repot untuk mengupas kulitnya. Berbeda jika Anda memilih terong berukuran besar. Potonglah bagian ujung terong, kemudian bagi menjadi dua. Setelah itu, kupas kulitnya dengan pisau tajam atau alat pengumas, lalu potong menjadi irisan dengan tebal sekitar 1/3 inci.

Taburi garam

Taburkan garam di kedua sisi terong Anda, kemudian sisihkan di sebuah wadah yang memiliki permukaan datar seperti loyang. Tutup terong dengan paper towel selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, Anda dapat membilasnya. Fungsi garam disini adalah untuk menarik kelembapan terong sehingga akan lebih mudah untuk dimasak. Bara ini juga ampuh untuk menghilangkan rasa pahit, jika Anda sedang mengolah terong berukuran besar.

Masak

Panggang : oleskan irisan terong Anda dengan minyak atau mentega, kemudian masukkan ke dalam panggangan selama kurang lebih 5 menit untuk sisi pertama. Setelah itu, balikkan terong dan masak selama 3 atau 4 menit, agar kedua sisi matang secara sempurna.

Goreng atau tumis : celupkan irisan terong pada buttermilk, kemudian lumuri dengan remah roti, tepung, dan keju parmesan. Setelah semua bumbu tercampur rata, Anda bisa menggorengnya di atas minyak sekitar 1-2 menit. Sebelum disajikan, letakkan terong terlebih dahulu di atas paper towel untuk menyerap minyaknya.

(ndr)

Berita Terkait

Cara memasak terong

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini