nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Ini Tanda-Tanda Anda Telah Kecanduan Kafein

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2017 09:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 04 481 1582705 waduh-ini-tanda-tanda-anda-telah-kecanduan-kafein-4pRarKiFEp.jpg Waspadai tanda-tanda kecanduan kafein (Foto: Zeenews)

SEBAGIAN besar dari kita menyukai minum kopi, bahkan hampir setiap hari meminumnya. Pernahkah Anda berpikir untuk melalui hari tanpa minum secangkir kopi?

Jika Anda merasa tidak bisa memulai hari tanpa ditemani secangkir kopi, maka itu bisa menjadi tanda telah kecanduan kafein. Bahkan, kecanduan kafein membuat Anda selalu bergantung pada secangkir kopi sebelum melakukan sesuatu.

Ingat, terlalu banyak konsumsi kafein, apalagi sampai kecanduan bisa membahayakan kesehatan Anda. Karenanya, penting mewaspadai tanda-tanda telah kecanduan kafein seperti berikut ini:

Sering sakit kepala

Apakah Anda sering menderita sakit kepala? Ya, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak kopi. Karena, 100g kafein sudah cukup membuat Anda sakit kepala.

Insomnia

Jika Anda tidak bisa pergi tidur tanpa minum secangkir kopi, berarti kemungkinan besar telah keacanduan kafein. Konsumsi kafein berlebihan akan menganggu tidut Anda yang akan menyebabkan insomnia.

Sulit mengurangi kafein

Jika Anda tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein merugikan bagi kesehatan, tetapi tidak dapat menguranginya, maka itu merupakan tanda kecanduan kafein.

Minum kopi sebelum berolahraga

Apakah Anda suka minum kopi sebelum berolahraga? Jika iya, maka mungkin Anda telah bergantung pada kopi untuk lebih berenergi dalam beraktivitas. Hal ini merupakan salah satu tanda Anda telah kecanduan kafein. Dikutip dari laman Zeenews, Rabu (4/1/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini